Bogor (Antaranews Megapolitan) - Ajang Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) ke-9 yang diadakan di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Dramaga, Bogor (10/11) memiliki beberapa rangkaian acara, salah satunya adalah Sarasehan ISEN (Indonesia Student Entrepreneur Network).

Direktur Inovasi dan Kewirausahaan IPB, Dr. Ir. Syarifah Iis Aisyah sekaligus Ketua Ekspo KMI 2018 mengatakan bahwa ISEN diharapkan dapat menjadi wadah bagi para wirausahawan muda untuk berkolaborasi sehingga dapat maju bersama untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

Selain itu, Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan dan Kewirausahaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dr. Ismet Yusputra dalam sambutannya berharap melalui sarasehan ini akan menyulut semangat mahasiswa dalam berprestasi dan berwirausaha.

Ada tiga fasilitator yang dihadirkan dalam sarasehan ini yakni Qudsyi Ainul Fawwaid (Presiden Mahasiswa IPB 2018/2019), Surya Bagus Mahardika (Wakil Presiden Mahasiswa 2018/2019), dan Muhammad Nurdiansyah (Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB 2018/2019).

Dalam paparannya, Qudsyi menyampaikan bahwa angka wirausaha di Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya, yaitu diangka 3,7 persen. Ini menjadi tugas mahasiswa sebagai generasi muda untuk terus memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia agar mandiri lewat kegiatan berwirausaha.

Ada beberapa poin penting yang berhasil disimpulkan dalam sarasehan ini yakni lokasi KMI 2019 diharapkan digelar di lingkup yang lebih luas dan bukan digelar di perguruan tinggi. Tujuannya agar produk-produk yang dipamerkan bisa terjangkau oleh masyarakat umum.

Selain itu, pada sarasehan ini terbentuk kepengurusan organisasi ISEN, sehingga setelah acara KMI 2018 akan ada pertemuan-pertemuan lanjutan. Ricardo dari Institut Teknik Sepuluh November (ITS) Surabaya, terpilih sebagai Ketua ISEN periode 2018/2019. Seluruh mahasiswa peserta KMI ke-9 juga mengucapkan Deklarasi Dramaga yang menjadi janji pengikat untuk keseriusan membangun ekonomi Indonesia yang mandiri. (ASK/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018