Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Antisipasi terjadinya banjir di beberapa titik akibat curah hujan yang tinggi Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Jawa Barat memperbaiki trotoar dan drainase di lima titik di ruas jalan berbeda.

"Selain merupakan progam Bidang Bina Marga, perbaikan ini bertujuan antisipasi terjadinya genangan maupun banjir akibat air hujan," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Suhendar Syarief di Sukabumi, Selasa.

Adapun lima ruas drainase dan trotoar yang diperbaiki tersebut yakni Jalan Gudang, RE Martadinata, Siliwangi, R Syamsudin SH dan Suryakencana. Menurutnya, drainase di lima ruas jalan tersebut kapasitasnya sudah tidak memenuhi kebutuhan lagi sehingga pada saat musim hujan selalu digenangi air.

Sehingga dengan adanya perbaikan itu, drainase tersebut bisa menampung air hujan dan tidak lagi ada genangan ditambah jalur itu merupakan jalan protokoler yang selalu ramai dengan lalu lalang kendaraan.

Lanjut dia, untuk perbaikan trotoar ini dibangun tiga jalur yakni di sebelah kiri dan kanan untuk masyarakat umum, dan di tengah yang berwarna kuning jalur haiden atau takel khusus untuk kaum disabilitas netra.

Sedangkan panjang trotoar di sebelah kiri dan kanan Jalan Gudang kurang lebih 250 meter, Jalan RE Martadinta 450 meter, Jalan Siliwangi sebelah barat 300 meter, Jalan R Syamsudin SH kurang lebih 450 meter dan Jalan Suryakencana sebelah timur 300 meter.

Sementara perbaikan drainase menggunakan 2 pipa beton yakni ukuran besar dan kecil. Adapun fungsi pipa ukuran besar untuk saluran air, dan pipa kecil untuk pemasangan kabel, seperti kabel listrik, telepon dan lain-lain.

"Diharapkan perbaikan ini bisa segera selesai apalagi sekarang sudah masuk musim hujan khawatir terjadi genangan air yang bisa menyebabkan terjadinya hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Di sisi lain, anggaran yang digunakan untuk memperbaiki trotoar dan drainase totalnya mencapai Rp11 miliar, berasal dari Bantuan Pemerintah Provinsi Jabar tahun anggaran 2018 yang ditargetkan penyelesaian perbaikan itu pada 20 Desember 2018.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018