Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Harga komoditas cabai di Kota Sukabumi, Jawa Barat pada pekan keempat Oktober 2018 berangsur turun dibandingkan pekan sebelumnya.

"Dari hasil pendataan dan pemantauan harga kebutuhan pokok serta nonpokok di pasar tradisional mayoritas harga cabai turun yang dikarenakan adanya peningkatan jumlah pasokan," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi Ayep Supriatna di Sukabumi, Rabu.

Adapun harga jenis cabai TW yang awalnya Rp32 ribu setiap kilogramnya saat ini hanya Rp28 ribu/kg atau turun Rp4 ribu/kg. Kemudian cabai merah lokal turuin Rp5 ribu setiap kilogramnya yakni dari Rp50 ribu menjadi Rp45 ribu/kg.

Kemudian harga cabai keritinbg merah yang harganya turun Rp4 ribu dari Rp32 ribu menjadi Rp28 ribu setiap kilogramnya. Penurunan harga komoditas cabai ini juga diikuti harga sayuran salah satunya buncis dari Rp12 ribu menjadi Rp10 ribu/kg.

"Fluktuasi harga memang selalu terjadi di pasar, namun masih dalam batas kewajaran. Hingga saat ini persediaan tetap mencukupi dan pasokan pun lancar," tambahnya.

Sementara salah seorang pedagang kaki lima di Pasar Pelita Kota Sukabumi Sultan mengatakan permintaan akan cabai masih tetap tetapi pasokan meningkat sehingga sangat wajar jika harganya turun.

"Kebanyakan langganan saya membeli sesuai dengan kebutuhan jadi walaupun ada kenaikan dan penurunan harga jarang ada yang mengeluh," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018