Bogor (Antaranews Megapolitan) - Musibah kebakaran melanda Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jl KS Tubun, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis petang.

Kapolsek Bogor Utara, Kompol Ahmad Sofyan menyebutkan, api telah berhasil dipadamkan, saat ini sedang dalam proses pendinginan. "Kejadian menjelang magrib tadi sekitar pukul 17.45 WIB," kata Sofyan.
   
Kebakaran SPBU 34-16109 diduga karena konsleting pada salah satu nosel atau mesin dispenser saat melakukan pengisian BBM jenis pertalite.  Saat kejadian, terjadi tumpahan minyak pertalite saat dilakukan pengisian dari selang nosel. Ia mengatakan, peristiwa kebakaran SPBU yang diakibatkan tumpahaan minyak jenis pertalite dari selang pengisian ke tangki kendaraan.
   
"Pengisian dilakukan oleh petugas SPBU, sumber api dugaan awal berasal dari konsleting mesin dispenser SPBU, hingga terjadilah ledakan," katanya.
   
Beruntung pada saat kejadian, petugas SPBU sempat menyelamatkan diri, sehingga tidak sampai ada korban jiwa.
   
Kebakaran tersebut selain menghanguskan mesin dispenser pengisian BBM, juga membakar dua unit sepeda motor jenis metik.
   
Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Kebakaran dapat diatasi pukul 18.10 WIB.
   
"Kerugian masih dikalkulasi oleh pihak SPBU, saat ini kita fokus pengamanan memastikan tidak ada kebakaran susulan," kata Ahmad.
   
Kejadian kebakaran itu sempat membuat panik warga sekitar, dan pengguna kendaraan yang sedang melintas. Jalur sekitar terpasuk kawasan padat arus lalu lintas.
   
Beruntung api segera dipadamkan, dan petugas kepolisian malakukan pengaturan arus lalu lintas, agar tidak menggangu pengguna jalan lainnya. (ANT/BPJ).

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018