Bogor (Antaranews Megapolitan) - Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penyambutan mahasiswa baru Angkatan 55 dari jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Senin (26/9) di Kampus IPB Dramaga. Total mahasiswa baru IPB jalur BUD tahun 2018 adalah 140 mahasiswa yang berasal dari 46 mitra penyandang dana atau sponsor.
 
Kepala Subdit Kerjasama, Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB, Dr. drh. Fadjar Satrija, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa penerimaan mahasiswa BUD ini merupakan jalur khusus kemitraan antara IPB dan mitra, agar putra-putri daerah mendapatkan kesempatan pendidikan tinggi di IPB, yang selama ini sulit dijangkau melalui jalur penerimaan lain.

“Putra-putri utusan daerah ini diharapkan setelah lulus dapat kembali dan memberikan kontribusi pada daerah asalnya. Acara penyambutan tersebut dihadiri oleh 88 mahasiswa dari total mahasiswa BUD angkatan 55. Beberapa mahasiswa berhalangan hadir karena jadwalnya bentrok dengan beberapa kegiatan lain,” kata Dr. Fadjar.

Dalam kesempatan itu, Tim BUD IPB juga memberikan pemaparan tentang seluk-beluk BUD, aturan akademik dan gambaran kehidupan di Kampus IPB. Paparan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan mahasiswa BUD angkatan 55, agar perkuliahan mereka berjalan lancar.

Pemaparan tentang BUD disampaikan oleh Sekretariat BUD,  Ribka Puji Raspati. Dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab yang dipimpin oleh Sekretaris Tim BUD,  Farchaini Budi Astuti, SP, MM. Pada sesi diskusi tersebut, banyak mahasiswa yang sangat antusias untuk bertanya berbagai hal seperti aturan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), perjanjian kerjasama IPB dan sponsor, masa studi, hingga bagaimana mahasiswa harus meningkatkan kepercayaan diri untuk dapat cepat beradaptasi mengikuti perkuliahan di IPB.

Acara penyambutan dimeriahkan oleh penampilan mahasiswa IPB yang berprestasi pada IPB Art Contest (IAC) bidang penyanyi dangdut yaitu Rizki Rahmalia dan Fero. Penampilan dangdut sangat direspon meriah oleh mahasiswa. Selanjutnya penampilan band dari UKM MAXX ! IPB, yang terdiri dari beberapa mahasiswa angkatan 51 dan 52, juga penampilan Band Angkatan 54 Aksara.

Penampilan ini selain bertujuan untuk memeriahkan acara  juga sebagai contoh bagi mahasiswa baru, bahwa mahasiswa IPB juga bisa berkreasi dan berkarya pada bidang non akademik seperti bidang seni. (***/ris)

Pewarta: Oleh Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018