Karawang (Antaranews Megapolitan) - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyatakan ratusan alat mesin pertanian dari Kementerian Pertanian
telah disalurkan ke petani Karawang selama empat tahun terakhir.
    "Ada  banyak jenis alsintan (alat mesin pertanian). Semuanya itu bantuan pemerintah pusat untuk Pemkab Karawang," katanya, dalam siaran pers yang diterima di Karawang, Jumat.
    Ia mengatakan, di antara alsintan yang telah diterima Pemkab Karawang selama kurun waktu 2014-2018 ialah 534 unit traktor roda dua serta sembilan unit traktor roda empat.
    Jenis bantuan lainnya, sebanyak 109 unit pompa ukuran 3 inci, pompa ukuran 4 inci sebanyak 226 unit dan sebanyak 51 unit pompa ukuran 6 inci.
    Bantuan jenis lainnya yang telah diterima Pemkab Karawang ialah rice transplanter atau alat penanam padi 83 unit serta 30 unit mesin panen combine.
    Cellica mengakui bantuan alsintan dari pemerintah pusat itu memang cukup banyak, tetapi jumlah kelompok tani di Karawang jauh lebih banyak. Sehingga masih ada kelompok tani yang belum merasakan bantuan dari pemerintah pusat itu.
    "Jumlah kelompok tani di Karawang mencapai 2.200 kelompok. Jadi memang masih ada yang belum mendapatkan bantuan. Tetapi pengajuan mereka akan diakomodir secara bertahap," kata dia.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018