Bogor (Antaranews Megapolitan) - Pesisir utara Karawang merupakan salah satu sentra rumput laut di Jawa Barat, bahkan Indonesia. Berdasarkan potensi tersebut, Pusat Kajian Resolusi Konflik (CARE) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) dipercaya oleh PT Pertamina EP Asset 3 Tambun Field untuk mendampingi program Community Social Responsibility (CSR) di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Program ini diberi nama “Bumi Kreatif Agar Makmur”.

General Manager PT Pertamina EP Aset 3, Wisnu Hindadari dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana meresmikan program pemberdayaan masyarakat “Bumi Kreatif Agar Makmur” di Desa Sedari Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang pada akhir Agustus lalu.

Menurut Prof Rizal Syarief, Ketua Dewan Penasihat CARE LPPM IPB, program ini merupakan inovasi pemanfaatan limbah produk rumput laut. Selama ini masyarakat di Cibuaya dan sekitarnya sudah membudidayakan dan mengolah rumput laut. Sebagian besar rumput laut masyarakat dijual ke PT. Agarindo sebagai mitra pemasaran, namun ada sebagian rumput laut yang tidak laku dijual karena grade-nya terlalu rendah.   

“Sehingga otomatis menjadi limbah. Inovasi dalam program ini adalah pemanfaatan limbah rumput laut tersebut menjadi pakan ikan bandeng,” ujarnya.

Menurut Usup, Ketua Koperasi Mina Agar Makmur, pakan ikan dari rumput laut ini akan sangat membantu petani petambak di sekitar Cibuaya ini, mengingat harga pakan ikan pabrik yang cukup mahal.   

“Alhamdulillah, pada tahun 2018 ini PT. Pertamina EP Asset 3 Tambun Field memberikan bantuan kepada koperasi kami berupa satu set mesin pengolah pakan yang memanfaatkan limbah rumput laut, lengkap dengan pelatihan dan pendampingannya,” ujarnya.

Lebih lanjut Usup mengatakan bahwa program pemanfaatan rumput laut menjadi pakan ini sangat dibutuhkan mengingat para petambak di sini menerapkan sistem polikultur untuk tambaknya, yaitu polikultur antara rumput laut dan bandeng.

Usup berharap sinergi Pertamina EP, IPB, pemerintah, dan pihak-pihak terkait dapat terus berlangsung sehingga pengembangan rumput laut ke depan akan lebih maju lagi dan masyarakat pesisir khususnya semakin sejahtera.

Koperasi Mina Agar Makmur merupakan Mitra Binaan CSR PT Pertamina EP sejak tahun 2015 merupakan koperasi yang bergerak di bidang rumput laut. Koperasi tersebut hingga saat ini memiliki anggota 72 orang dengan mitra lebih dari 400 orang dan tersebar di Karawang, Bekasi, Subang, dan Indramayu. (af/Zul).

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Adi Firmansyah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018