Bekasi, Jawa Barat (Antaranews Megapolitan) - Pegawai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bekasi Kota, mengenakan pakaian olahraga saat melayani para peserta, Selasa, karena pengaruh euforia Asian Games XVIII/2018.

"Kami masih terbawa euforia Asian Games 2018, para pegawai yang biasanya berseragam pun tampil dengan balutan kostum olahraga dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional 2018," kata Kepala Bidang Pelayanan BPJSTK Cabang Bekasi Kota, Khomsan Hidayat di Bekasi.

Suasana di Kantor BPJSTK Cabang Bekasi Kota nampak lebih semarak dari situasi normal dengan hiasan balon warna kuning dan hijau muda memeriahkan pelayanan.

Sejumlah peserta BPJS Ketenagakerjaaan juga disuguhi kudapan ringan sambil menunggu panggilan antrean.

Di bagian luar, ada stand pijat juga pemeriksaan kesehatan gratis yang bisa dicoba sambil menunggu dipanggil petugas.

Semua detail istimewa tersebut merupakan bagian dari upaya BPJSTK dalam memberikan pelayanan prima demi kepuasan peserta pada Hari Pelanggan Nasional tahun ini.

"Namun tentunya selepas momentum Hari Pelanggan Nasional pun kami tetap akan memberikan layanan prima kepada peserta juga warga yang datang.Hanya saja, tentu tidak setiap hari mengenakan kostum seperti ini," katanya.

Khomsan mengatakan, dalam sehari biasanya ada sekitar 200 peserta yang datang untuk mengurusi sejumlah permohonan layanan berupa pencairan klaim kecelakaan kerja, jaminan hari tua, pendaftaran kepesertaan, hingga yang sekadar menanyakan informasi terlebih dahulu.

Sebagai antisipasi membeludaknya pemohon, kata dia, pada waktu bersamaan pihaknya telah menyiasati hal itu dengan menyiapkan layanan klaim elektronik.

"Jadi sebelum mendatangi langsung kantor BPJSTK, pendaftaran klaim serta penyerahan syarat-syarat yang diperlukan dilakukan secara daring," katanya.

Bila persyaratan sudah lengkap dan klaim siap dicairkan, kata dia, maka pemohon langsung dikabari waktu kedatangannya. "Jadi dia tidak perlu lama menunggu di kantor," katanya.

Khomsan menambahkan, serangkaian pelayanan prima yang diberikan pihaknya kepada para peserta itu diharapkan berbuah kepuasan atas layanan BPJSTK.

"Diharapkan pelayanan prima yang diberikan berdampak pada peningkatan kepesertaan. Peserta yang mengurus sejumlah hal di sini saat mendapatkan kepuasan atas layanan yang kami berikan bisa menyampaikan informasi positif tersebut pada rekan, keluarga, atau temannya yang belum bergabung," katanya.

Potensi kepesertaan BPJSTK Bekasi Kota saat ini baru diklaim sangat besar sehingga pihaknya gencar menyosialisasikan program kerja.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018