Cikarang (Antaranews Megapolitan) - Produk industri kecil menengah (IKM) binaan Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, laris terjual di stan pameran produk lokal di venue Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan.

"Alhamdulillah Asian Games ini membawa berkah bagi IKM binaan kami yang ikut membuka stan di Palembang," kata Kabid Promosi IKM Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi Yuli Suliah di Cikarang, Jumat.

Yuli mengatakan produk lokal Kabupaten Bekasi yang dipajang di stan itu ludes terjual selama penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia itu berlangsung.

"Kemarin kami dari sana, animo konsumen sangat tinggi. Mulai dari pengunjung lokal sampai mancanegara, bahkan para atlet pun banyak yang belanja ke kami," katanya.

Sejumlah produk yang dipamerkan mulai dari kaos, boneka, karpet, aksesoris, hingga hiasan dari barang pecah belah terbukti laku keras.

"Artinya produk asli buatan pelaku IKM Kabupaten Bekasi benar-benar diterima para pengunjung asian games," katanya.

Yuli menjelaskan selama membuka stan pameran Asian Games di Palembang, banyak pengunjung yang datang menghampiri stan Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi.

Menurut dia, selain karena produk yang dipamerkan, stan Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi juga terbilang menarik karena dilengkapi fasilitas pendukung seperti televisi ukuran besar yang menyajikan proses pembuatan produk mulai dari bahan mentah hingga barang jadi yang siap dipasarkan.

"Kami juga siapin?running text?yang bertuliskan rincian detail dan proses pembuatan produk, stan juga kita bikin semeriah mungkin dengan hiasan-hiasan dan ornamen yang dibalut dengan kain warna kuning dan hijau sebagai lambang Kabupaten Bekasi," katanya.

Hal itu memberi keuntungan pelaku IKM Kabupaten Bekasi serta berpotensi besar terhadap perkembangan IKM melalui jaringan baru skala internasional yang didapat saat berlangsungnya Asian Games 2018.

"Hingga saat ini kami masih menunggu laporan hasil penjualan dari IKM kita. Yang jelas kemarin ratusan produk yang kita pamerkan sudah ludes semua," katanya.

Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi mengaku akan selalu mempromosikan semua produk yang dibuat pelaku IKM dengan catatan telah melewati proses seleksi jika mau ikut tampil dalam pameran produk atas nama Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Pewarta: Mayolus Fajar D dan Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018