Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolitan) - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar pentas wayang golek dan calung di Desa Cibereum-Kecamatan Cisarua, Desa Cimanggu I-Kecamatan Cibungbulang.

"Pentas wayang golek dan calung ini bercerita tentang peranan pemerintah daerah dalam melakukan tugasnya terkait penyebaran informasi pada daerah setempat," kata Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik pada Diskominfo Kabupaten Bogor, Dadang Iwa di Cibinong, Minggu.
 
Menurut dia terkadang penyebaran informasi tidak akan dapat dirasakan bila hanya melakukan melalui media massa elektronik dan cetak, maupun daring (Online).

Itu dikarenakan media mempunyai peran penting dalam hal penyebaran informasi kepada masyarakat. Dan itu seharusnya lebih kepada pembentukan opini untuk mengetahui membangun kredibilitas kinerja Pemkab Bogor.

"Ini adalah program diseminasi informasi penyebarluasan melalui media tradisional pertunjukan wayang golek dan calung, dalam pertunjukan kesenian ini ada pesan-pesan yang ingin kami sampaikan, harapan kami pesannya bisa dipahami oleh seluruh masyarakat," katanya.

Namun dalam pergelaran itu lebih mengarah kepada program Pemkab Bogor dan mengemas melalaui kegiatan inti antaranya sehat dan bebas sampah 2020.

Selain itu pada program tersebut juga dikemas bagaimana pesan ini dapat tersampaikan dengan baik sehingga misi pemerintah daerah mampu berjalan dan tercapai pada akhirnya.

Ia menambahkan dengan metode seperti ini, masyarakat lebih antusias dan lebih cepat menyerap informasi kepada masyarakat.

"Model penyebarluasan informasi melalui media seperti ini saya rasa lebih efektif kepada masyarakat, butuh inovasi dan kreativitas agar informasi atau pesan-pesan yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat bisa diterima dengan baik," katanya.

Sementara itu Kepala Sie Pengelolaan Informasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, Mimin Sumirat menambahkan, dengan pergelaran wayang golek dan calung ini bukan hanya memberikan informasi kepada masyarakat seputar program pemerintah daerah namun juga untuk melestarikan kebudayaan seni Sunda.

Hal itu, lanjutnya, karena pada saat ini minim pementasan budaya pada daerah setempat yang mengandung berbagai informasi maupun pesan baik.

"Kegiatan ini memang bertujuan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui program-program pemerintah yang sedang dilaksanakan," katanya.

Namun dalam kegiatan ini juga punya tujuan untuk terus melestarikan budaya kesenian Sunda,dan bagaimana wayang golek maupun calung harus tetap lestari.

"Dan harus semakin berkembang, sehingga jangan sampai nantinya anak cuci kita tidak mengenal budaya-budaya dan kesenian daerah Kabupaten Bogor (Cibinong)," katanya.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018