Mahasiswa asing ikuti Program Summer Course dari Departemen Agribisnis IPB

Bogor (Antaranews Megapolitan) - Departemen Agribisnis, Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan kegiatan Summer Course yang sudah dimulai pada 23 Agustus lalu dan akan berakhir pada  30 Agustus mendatang. Kegiatan ini bekerja sama dengan Direktorat Program Internasional IPB dan merupakan tahun kedua dilaksanakan setelah pertama kali diadakan tahun 2017. Sebanyak lima belas peserta dari kalangan mahasiswa hadir dalam kegiatan Summer Course yang bertempat di Ruang Rabuan LV. 5 Departemen Agribisnis, Kampus IPB Dramaga Bogor. Peserta berasal dari lima negara diantaranya Jepang (satu orang), Belanda (satu orang), Filipina (dua orang), Malaysia (dua orang), Tanzania (2 orang) dan Indonesia (tujuh orang).

Chairani Putri Pratiwi, BIAFS, M.Si, selaku koordinator program menuturkan bahwa Indonesia sebagai negara penghasil komoditi kelapa sawit terbesar di dunia mendorong Departemen Agribisnis untuk mengadakan program Summer Course mengenai komoditi kelapa sawit. ProgramSummer Course ini disponsori oleh Asian Agri, salah satu perusahaan produsen minyak kelapa sawit terbesar di Asia. “Tahun ini, kita dapat dukungan penuh dari Asian Agri untuk menyelenggarakan program Summer Course”.

Program ini mengangkat tema “Inclusive and Sustainable Agribusiness: Oil Palm 2018”. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjelaskan kondisi industri kelapa sawit di Indonesia khususnya mengenai aspek sustainablility. Selain itu, program bertujuan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang datang ke Departemen Agribisnis khususnya, dan IPB umumnya. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Ir. Dwi Rachmina, MS selaku Ketua Departemen Agribisnis dan dibuka secara langsung oleh  Dr. Mukhamad Najib, STP, MM selaku Wakil Dekan bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB.

“Selamat datang di Institut Pertanian Bogor. Anda sangat beruntung punya kesempatan belajar di Departemen Agribisnis, bisa punya banyak relasi dan pengalaman baru. Saya harap anda dapat banyak pengalaman dari program Summer Course tahun ini. Selamat menikmati program ini dan semoga bisa berlanjut tahun depan,” ujar Dr. Mukhamad Najib.

Kegiatan ini berlangsung di dua tempat yaitu Bogor dan Riau. Tanggal 27 Agustus, peserta Summer Course akan diajak ke Kerinci, Riau untuk melihat perkebunan kelapa sawit mulai dari proses  produksi hingga pengolahan hasil. Kegiatan di Bogor diselenggarakan oleh pihak Departemen Agribisnis, dengan menghadirkan empat pembicara yaitu Dr. Ir. Bayu Krisnamurthi, Ms, Ridho Nalsya Putra, SP, Dr. Mohammad Fadhil Hasan dan Dr. Ir. Supijatno, M.Si.

“Di akhir program, peserta akan mempresentasikan artikel yang telah dibuat dan salah satu artikel terbaik nantinya akan dipublikasikan ke media nasional. Output dari kegiatan ini, peserta yang merupakan delegasi dari negaranya masing-masing diharapkan dapat men-transfer ilmu yang telah didapat ke rekan mereka tentang bagaimana palm oil diproduksi,” ujar Chairani.(DFS/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Chairani Putri Pratiwi, BIAFS, M.Si

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018