Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Sehari menjelang lebaran tepatnya Hari Raya Idul Adha, penjualan daging sapi di pasar tradisional Kota Sukabumi, Jawa Barat relatif sepi pembeli berbeda saat Idul Fitri lalu.

"Biasanya sehari menjelang lebaran bisa menjual daging sapi mencapai 100 kg bahkan lebih, tetapi sekarang baru 70 kg dan kemungkinan tidak ada pembeli lagi," kata salah seorang penjual daging sapi di Pasar Lettu Bakri Kota Sukabumi Dadang Ridwan di Sukabumi, Selasa.

Walaupun menjelang Idul Adha, harga daging sapi tetap stabil hanya saja pembelinya yang menurun. Ia menjual daging sapi Rp110 ribu setiap kilogramnya dan Rp115 ribu untuk daging has.

Selain itu, banyaknya pedagang daging sapi dadakan juga menjadi penyebab berkurangnya pembelian, ditambah ada kecenderungan dari beberapa warga yang lebih memilih menunggu pembagian daging hewan kurban.

Sementara, pedagang lainnya Asep Abay menambahkan memang ada penurunan pembelian jika dibandingkan Lebaran Haji tahun lalu, tetapi tidak terlalu signifikan dan dirinya menganggap wajar karena dalam berdagang ada saatnya sepi dan ramai pembeli.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi Ayep Supriatna mengatakan harga daging sapi menjelang Idul Adha tetap normal dan pasokan pun mencukupi. Karena untuk pemotongan sapi tetap dilakukan walaupun mendekati hari raya kurban.

"Selain daging sapi, harga kebutuhan pokok dan nonpokok lainnya masih normal persediaan pun mencukupi," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018