Bogor (Antaranews Megapolitan) - Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) melaksanakan bakti sosial menyalurkan bantuan pendidikan ke SMP At Tiin, Cibedug, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, dalam rangka memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI.

"Kegiatan bakti sosial ini menunjukkan kepedulian alumni terhadap masyarakat, SMP At Tiin sekolah sederhana yang memerlukan bantuan," kata Ketua Umum HA IPB Fathan Kamil.

Bertepatan dengan momen HUT Kemerdekaan RI, HA IPB melakukan sejumlah kegiatan, di antaranya penguatan organisasi dan bakti sosial.

Fathan mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin solidaritas, kerjasama antar pengurus dan menguatkan HA IPB sebagai organisasi perlu didukung.

Bakti sosial ini, HA IPB menyalurkan bantuan berupa empat set komputer, 70 paket alat tulis untuk siswa SMP, 30 paket alat tulis untuk anak TK dan 10 peaces keset yang diberikan dari para alumni melalui HA IPB.

Menurutnya SMP At Tiin ini adalah lembaga pendidikan jenjang SMP yang sudah berdiri sejak tahun 2006.

Dahulunya berbentuk Tempat Kegiatan Belajar Mandiri (TKBM) hingga akhirnya menjadi SMP swasta. Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Nur Hardwifa yang berdiri semenjak tahun 2004.

"SMP AT-TIIN berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat dengan mengutamakan kualitas," kata Fathan.

Ia menyebutkan, salah satu programnya adalah bekerja sama dengan pihak-pihak baik itu individu ataupun swasta yang peduli dengan dunia pendidikan lewat kegiatan CSR nya ataupun kegiatan lainnya.

"Dilihat dari sejarah berdirinya SMP At Tiin tentu layak untuk diperhatikan" katanya.

Menurutnya, beberapa kegiatan yang pernah dan masih dilakukan sampai saat ini di SMP At Tiin diantaranya program orang tua asuh, program CSR, program bantuan sarana prasarana pendidikan, training motivasi dan bakti sosial.

SMP At Tiin mengajak pihak-pihak yang peduli dengan pendidikan, termasuk HA IPB untuk berkontribusi agar dapat terus menyelenggarakan pendidikan yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Tentunya pendidikan yang berkualitas sehingga peserta didiknya dapat meraih masa depan mereka lebih baik lagi," kata Fathan.

Sementara itu, Sekertaris Jendral HA IPB, Walneg S. Jas membeberkan beberapa program besar yang sudah dan akan dijalankan antara lain penerbitan free magazine HA IPB, beasiswa pendidikan mahasiswa IPB, pembangunan taman angkatan IPB, forum silaturahmi alumni, mentoring leader, jambore Nasional Alumni, HA IPB Menyuluh serta program-program rutin lainnya.

Menurutnya, peranan alumni semakin meluas dengan terus digulirkan program dalam membantu dana pendidikan calon mahasiswa baru berupa beasiswa dari Yayasan Alumni Peduli IPB dan aksi tanggap bencana gempa Lombok sudah dan sedang dilakukan oleh HA IPB.

"Agenda terdekat selanjutnya adalah kegiatan donor darah nasional bulan September 2018 ini," kata Walneg.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018