Bogor (Antaranews Megapolitan) - Departemen Agribisnis (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan acara Purnabakti (berakhirnya masa bakti) untuk dua tenaga pendidik (dosen) yaitu Dr. Ratna Winandi Asmarantaka dan Dr. Juniar Atmakusuma,  serta satu tenaga kependidikan (tendik) yaitu Ibu Masiroh.   

Acara Purnabakti tersebut memadukan antara suasana kekeluargaan dengan ilmiah,  khususnya dalam bidang pemasaran, yang merupakan kompetensi dari Dr. Ratna Winandi Asmarantaka dan Dr. Juniar Atmakusuma.  

Dr. Anna Fariyanti, Ketua Pelaksana Purnabakti menyampaikan bahwa penyelenggaraan acara Purnabakti ini merupakan bentuk penghargaan Departemen Agribisnis kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah pensiun. Dr. Juniar Atmakusuma memasuki masa purnabakti pada tanggal 1 Februari 2018 serta Dr. Ratna Wnandi Asmarantaka dan Ibu Masiroh memasuki masa purnabakti pada tanggal 1 Agustus 2018.  

Pada kesempatan ini digelar juga seminar dengan tema  "Evolusi Pemasaran Pertanian". Departemen Agribisnis IPB mengundang Ir. Arlinda, MA, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional. Acara ini menghadirkan narasumber dosen Departemen Agribisnis IPB yaitu Dr. Bayu Krisnamurthi dan Dr. Harianto, Dr. Handito Hadi Joewono (Ketua Komite Tetap pengembangan Ekspor KADIN Indonesia dan Chief Strategy Consultant Arrbey), serta Prof. Dr. Ujang Sumarwan (Dekan Fakultas Ekologi Manusia).

"Sebenarnya kita negara besar, tinggal bagaimana cara kita menggunakan potensi yang kita punya untuk berperan dalam perdagangan dunia. Kami dari Kementerian Perdagangan punya misi dagang untuk menyentuh pasar non-tradisional. Untuk membuka akses pasar,  pemerintah telah melakukan beberapa perjanjian dalam mendukung ekspor Indonesia baik sektor migas maupun non migas. Oleh karena itu harapannya agar mahasiswa IPB tercetak tidak hanya sebagai pegawai negeri melainkan juga sebagai wirausaha," ujarnya.

Dr Anna Fariyanti berharap agar pengembangan keilmuan pemasaran  baik secara teoritis dan praktek dapat dilanjutkan oleh penerus muda. "Kami berharap pemikiran yang telah disampaikan baik dari sisi teoritis maupun praktis dapat menjadi acuan dalam memajukan pemasaran pertanian di Indonesia," tutupnya.(**/zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018