Cikarang (Antaranews Megapolitan) - Warga di Desa Pantaimekar, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang mengalami krisis air bersih pada musim kemarau ini terpaksa membeli air dari Cilincing Jakarta.

"Air tanah kami berubah warna agak kemerahan dan berbau. Kalau untuk minum beli dari Cilincing, Jakarta," kata Ketua RT01 RW01 Desa Pantaimekar, Muaragembong, Arsiyah (45) di Muaragembong, Kamis.

Menurut dia, kemarau di wilayahnya membuat sekitar 95 kepala keluarga setempat kesulitan memperoleh pasokan air bersih untuk kebutuhan mandi cuci kakus (MCK) maupun konsumsi keluarga.

Bahkan fasilitas air artesis yang disediakan Pemerintah Kabupaten Bekasi di desa tersebut telah lama terbengkalai tanpa pasokan air bersih dari instansi terkait.

"Sudah setahunan sumur artesis ini tidak ada gunanya," katanya.

Warga di wilayah itu berupaya mencari air bersih dengan menanti pedagang air yang datang dari Cilincing Jakarta Utara ke kampung mereka setiap harinya.

"Satu drigen isi 30 liter harganya Rp3.000. Kalau saya biasa beli sati drigen untuk dua hari, itu juga hanya buat masak dan minum. Kalau buat nyuci pakai air tanah," katanya.

 Warga setempat lainnya Echa (30) mengaku harus mengalokasikan kocek lebih untuk membeli air tanah dari tetangganya Rp1.000 per drigen karena tidak memiliki mesin sedot air tanah.

"Kalau mau gali air tanah butuh uang Rp4,5 juta. Saya tidak punya uang, jadinya beli ke tetangga," katanya.

Menurut dia, profesinya sebagai nelayan belum mencukupi biaya pembuatan air tanah yang relatif mahal.

Warga setempat berharap pemerintah daerah melalui instansi terkait dapat segera memasok kebutuhan air bersih ke desa mereka selama kemarau yang diprediksi berlangsung Agustus hingga September 2018.

"Kalau sumur artesisnya bagus, saya kira cukup untuk kebutuhan satu RW di sini," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018