Bogor (Antaranews Megapolitan0 - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Simposium Internasional Simuliidae Asia dan Parasitologi Nasional yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Simposium pertama diadakan di Thailand pada tahun 2016 dengan peserta berasal dari Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Untuk simposium kali ini, sebanyak 55 peserta dari kalangan dosen dan peneliti hadir dalam simposium yang diadakan di Ruang Seminar Rumah Sakit Hewan Pendidikan Kampus IPB Dramaga, Bogor pada tanggal 23-24 Juli 2018. Ada 13 peserta dari Indonesia, 8 orang dari Malaysia dan 34orang berasal dari Thailand.

Kegiatan ini bertujuan untuk bertukar informasi mengenai permasalahan parasit dan simullidae pada hewan yang terdapat di negara asal dan menyampaikan sejumlah penelitian yang telah dikembangkan. Output yang diharapkan adalah peserta mengetahui perkembangan ilmu parasitologi pada hewan dan dapat mengembangkan penelitian lainnya untuk mengatasi permasalahan yang ada pada hewan. Selain itu, dengan diselenggarakannya acara ini dapat menjaring kolaborasi antar peserta dari beberapa negara.

“Awalnya acara ini terpisah menjadi dua kategori yaitu Simuliidae Asia dan Parasitologi Veteriner Nasional. Simuliidae merupakan nama famili serangga yang berperan sebagai vektor penyakit. Topik Simullidae Asia hanya terdiri dari tiga belas orang peserta dari Indonesia dan Simuliidae merupakan ilmu spesifik, ahli di bidang ini tidak banyak jumlahnya. Maka dari itu, simposium ini digabung menjadi Simuliidae Asia dan Parasitologi Veteriner Nasional agar jumlah peserta menjadi banyak dan ruang lingkup menjadi luas,” tegas Ketua Pelaksana Simposium Internasional, Prof. Dr. drh. Upik Kesumawati Hadi.

Sementara itu Prof. Drh. Srihadi Agungpriyono, Ph.D, PAVet.K selaku Dekan FKH IPB menyambut baik kegiatan ini dan berharap semua peserta mendapatkan ilmu yang berharga dari kegiatan ini.

Simposium ini mengangkat tema “Biodiversitas dari Vektor dan Penyakit Parasitologi Hewan”, dengan menghadirkan enam pembicara. Hari pertama kegiatan terdapat tiga pembicara yang menyampaikan materi diantaranya Prof. Peter H. Adler dari Clemson University yang merupakan salah satu Ahli Simuliidae dunia, Prof. Dr. drh. Lucia Tri Suwanti dari Departemen Parasitologi Veteriner, Universitas Airlangga dan Drh. Fadjar Satrija, MSc, PhD. dari Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Insititut Pertanian Bogor. (DFS/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Prof. Drh. Srihadi Agungpriyono, Ph.D, PAVet.K.

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018