Pemkot Depok siap bantu reformasi total koperasi

Depok (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kota Depok Jawa Barat berkomitmen untuk membantu melakukan reformasi total terhadap koperasi yang ada di kota setempat, agar meningkat kualitasnya.

"Semakin bertambah jumlah usianya harus semakin meningkat kualitas koperasi dengan merealisasikan reformasi koperasi secara total," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris di Depok, Jumat.

Ia mengatakan untuk mereformasi total koperasi, terdapat tiga poin penting yang harus dilakukan yaitu rehabilitasi, reorientasi, dan pengembangan koperasi.

Rehabilitasi koperasi dengan terus melakukan peningkatan pendataan guna mengetahui jumlah koperasi yang aktif, yang memiliki sumber daya manusia yang tangguh.

Kemudian, reorientasi yang kami inginkan tidak berorentasi pada banyaknya jumlah koperasi, tetapi lebih kepada peningkatan kualitas koperasi, harus ada Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan siklus manajemen dari koperasi.

Dikatakannya untuk pengembangan koperasi, pihaknya akan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya koperasi. Selain itu, pihaknya juga akan mendorong koperasi-koperasi untuk mendirikan mini market agar mampu bersaing dengan toko swalayan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok Mohammad Fitriawan mengatakan, ada 396 koperasi aktif yang terdaftar di Depok. Jumlah koperasi tersebut memiliki 68.000 anggota. Sedangkan, untuk yang melakukan RAT baru sekitar 100 koperasi.

"Kami terus mengingatkan agar koperasi harus selalu melakukan RAT. Karena RAT sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas suatu koperasi. Bagi koperasi yang tidak melakukan, akan kami berikan peringatan dan selama tiga tahun berturut tidak melakukan RAT akan direkomendasikan untuk dibubarkan," jelasnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018