Cikarang, Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI menggelar pertemuan bertajuk program wanita (Ladies Program) di Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Cikarang Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Penasehat DWP Kemenkumham RI Elisye Yasonna Laoly mengatakan DWP Kemenkumham memiliki peranan strategis dalam mendukung kegiatan kemandirian oleh warga binaan pemasyarakatan di daerah-daerah.

"Ya, tentunya selain sebagai ajang silaturahmi bagi istri-istri di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, dharma wanita kita juga menjadi wadah sharing (berbagi) ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankan peran sebagai istri ASN yang menunjang karir suami," katanya di Cikarang, Sabtu.

Elisye menambahkan tujuan kegiatan ini adalah untuk memotivasi anggotanya agar berperan aktif dalam setiap kegiatan darma wanita di daerah melalui program tersebut.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini para istri Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kemenkumham RI mampu meningkatkan sensitifitas atau kepekaan serta peduli pada lingkungan sekitar.

"Sehingga terpupuk 'sense of belonging' atau rasa memiliki terhadap lingkungannya sendiri," katanya.

Dalam kesempatan itu pihaknya menyempatkan diri melakukan Tour De Lacika atau berkunjung ke seluruh area Lapas, khususnya meninjau industri yang ada di Lapas Cikarang.

"Saya kagum melihat kreatifitas warga binaan di sini, banyak kreasi bagus yang dihasilkan, sangat impresif," katanya.

Dharma wanita persatuan Kemenkumham RI juga menyerahkan bantuan berupa peralatan salon, bibit tanaman dan buku kepada pihak Lapas.

Serangkaian acara turut mengisi kegiatan kunjungan DWP seperti seminar bumbu-bumbu pernikahan dan kesehatan reproduksi wanita, serta simulasi kerajinan tangan oleh warga binaan perempuan setempat berupa sulam, 'candy doll', dan akrilik.

Acara kunjungan itu turut dimeriahkan oleh grup orkes Kerontjong Lacika di tempat acara seminar dan grup akustik Band Lacika di lokasi Bimbingan kerja (Bimker).

Kepala Lapas Cikarang Kadek Anton Budiharta mengucapkan terima kasih kepada Darma Wanita Persatuan atas kunjungan yang dilakukan di tempatnya tersebut.
 
"Senang dan bangga ibu Elisye beserta ibu-ibu darma wanita bisa mengunjungi kami. Semoga dapat menjadi semangat tersendiri khususnya bagi warga binaan perempuan kami," katanya.

Editor: Yuniardi.    

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto dan Pradita Kurniawan Syah

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018