Bogor (Antaranews Megapolitan) - “The Great Teacher” adalah gelar yang sangat pantas disandang oleh Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) yang satu ini. Sosok yang selalu menginspirasi dan berkarya untuk kemajuan Indonesia ini adalah Prof. Dr. Ir. Hidayat Syarief, MS. Bhaktinya kepada IPB telah ditorehkan sejak ia menempati posisi sebagai Ketua Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMSK), Fakultas Pertanian di tahun 1985.

Berkat dedikasinya yang luar biasa, Prof. Hidayat telah melahirkan generasi-generasi hebat baik tingkat sarjana, magister maupun doktor yang kini berkecimpung di berbagai lembaga nasional maupun internasional.

Pada masa bhaktinya, Prof. Hidayat juga pernah mewakili Indonesia menjadi salah satu dari 30 pakar di bidang pangan dan gizi seluruh dunia untuk menjadi fellow pada The Kellogg International Fellowship Program in Food System pada periode 1986-1989. Ia memperoleh gelar Guru Besar GMSK IPB pada tahun 1997.

Kini Prof Hidayat Syarief telah memasuki masa purnabhakti. Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasinya yang luar biasa, Departemen Gizi Masyarakat IPB menginisiasi acara apresiasi untuk Prof Hidayat Syarif bertempat di IPB International Convention Center (IICC), (9/5). Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari alumni IPB yang pernah dibimbing oleh Prof. Hidayat Syarief.

Prof. Dr. Ikeu Tanziha, selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa acara ini digelar sebagai bentuk penghargaan atas peran Prof Hidayat Syarief dalam mengembangkan keilmuan gizi di IPB.

“Prof Hidayat Syarief memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan keilmuan gizi, tidak saja di IPB tetapi juga di Indonesia. Para bimbingannya juga sudah banyak yang menjadi guru besar. Acara ini adalah hadiah dari kami atas segala bimbingan dan inspirasi beliau kepada kami selama ini. Meskipun kondisinya kedua mata beliau sudah tidak dapat melihat, tetapi cara berpikir beliau masih logis. Oleh karena itu harapannya beliau selalu sehat dan bisa menjalani kehidupan selanjutnya dengan lebih berkah.  Semoga kita sebagai bimbingannya dapat meneladani beliau dalam cara berpikir yang sistematis dan visioner, serta cara berperilaku beliau yang penuh keteladanan,” ujarnya.

Rektor IPB,  Dr. Arif Satria menyatakan bahwa Prof Hidayat Syarief telah banyak menorehkan sejarah dan memberikan manfaat kepada orang lain baik tentang kaderisasi, pendidikan, maupun pembangunan bangsa Indonesia secara umum.

“Hingga akhirnya saat ini, Gizi Masyarakat menjadi satu bidang yang dianggap sangat penting oleh pemerintah. Beliau adalah The Great Teacher yang selalu menginspirasi dan memberikan kesempatan bagi orang di sekelilingnya untuk berkarya dan berprestasi. Beliau penuh dengan kearifan, tidak pernah marah, selalu senyum dan tenang saat menjabat sebagai Senat Fakultas Ekologi Manusia IPB,” ujar Dr. Arif Satria.

Semoga kita semua dapat meneladani kehebatan keilmuan dan luar biasanya dedikasi yang dimiliki Prof. Hidayat Syarief. (UAM/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018