Bogor (Antaranews Megapolitan) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat menerjunkan 105 orang Korps Sukarela (KSR) dengan keahlian khusus dengan spesialisasi pertolongan pertama selama libur Lebaran Idul Fitri 2018.

"KSR kita tempatkan di Pos Pelayanan Kemanusiaan terpadu Kabupaten Bogor bersama Polres, DLLAJ, dan Dinas Kesehatan," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Bogor, Abidin, Minggu.

Selain tenaga Korps Sukarela (KSR), PMI juga menyiagakan ambulans sebanyak empat unit dan satu unit ambulans motor.

Ambulans digunakan untuk mengevakuasi masyarakat yang mengalami musibah.

Menurut Abidin, tenaga KSR, dan ambulan disebar di 10 pos pelayanan terpadu mudik Lebaran 2018 yang ada di wilayah Kabupaten Bogor seperti Pos Polisi Gadog, TSI, Ciawi, Cibinong, dan lainnya.

"Pos Pelayanan beroperasi selama 24 jam terhitung dari tanggal 8 - 22 Juni 2018 sesuai dengan Kesepakatan bersama Polres Bogor dalam Rakor Persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2018 Kabupaten Bogor Senin lalu," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, peralatan pertolongan pertama juga disiapkan berupa tandu, spalek, obat-obatan, kantong Mayat serta peralatan lainnya.

Abidin menambahkan, kesiapsiagaan dilaksanakan tidak hanya pada arus mudik saja, PMI Kabupaten Bogor tetap menyiagakan personil dan sumber daya untuk tanggap darurat bencana selama libur Lebaran.

"Kami berharap semoga masyarakat yang melaksanakan mudik dan wisata selalu tetap menjaga keselamatan dan kemananan dalan perjalanan, senantiasa mengurangi risiko yang terjadi akibat bencana dan kecelakaan," kata Abidin.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018