Bogor (Antaranews Megapolitan) - Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor, Jawa Barat, bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan sukses menggelar Bazar Ramadhan Pasar Ikan Murah yang diminati masyarakat.

"Minat masyarakat mendatangi bazar Ramadhan pasar ikan murah tahun ini lebih meningkat dibanding tahun lalu, ini dilihat jumlah kunjungan dan transaksi penjualan," kata Direktur PDPPJ, Andri Latif Asyikin kepada Antara, Jumat.

Bazar Ramadhan Pasar Ikan Murah berlangsung selama empat hari, di sejumlah pasar berbeda yakni Pasar Bogor, Pasar Sukasari, Pasar Merdeka dan Pasar Gunung Batu.

Ia mengatakan Bazar Ramadhan pasar ikan murah ini digelar untuk mengakomodir kebutuhan protein alternatif selain daging sapi dan ayam bagi masyarakat selama bulan puasa.

"Selama Ramadhan kebutuhan protein meningkat, sementara harga daging sapi dan ayam relatif tinggi. Kami menyediakan ikan sebagai alternatif memenuhi kebutuhan protein masyarakat," katanya.

Ini merupakan kali kedua PDPPJ dan KKP menggelar bazar Ramadhan Pasar ikan murah di Kota Bogor. Mengingat animo masyarakat yang cukup tinggi pada tahun lalu.

"Antusiasme masyarakat tinggi, salah satu pemasok transaksi per harinya bisa mencapai Rp10 juta, bahkan dalam sehari bisa sampai dua kali pengiriman pasokan," katanya.

Berbeda dengan tahun lalu, jumlah transaksi di bawah 10 juta per harinya.

Tingginya minat masyarakat ini tidak lepas dari publikasi melalui media sosial yang mengundang masyarakat untuk datang.

Menurut dia, kegiatan bazar Ramadhan Pasar ikan murah ini bertujuan untuk menyediakan ikan berkualitas sebagai subtitusi protein selain daging dan ayam karena harganya yang tinggi.

Selain itu mendorong gerakan gemar makan ikan di masyarakat, juga meramaikan kembali pasar rakyat melalui kegiatan bazar.

Beragam jenis dan produk olahan ikan akan dipasarkan, dipasok dari para suplair yang bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Beberapa jenis ikan yang akan dipasarkan seperti ikan patin filet seharga Rp55 ribu per kg, takoyaki Rp20 ribu per 250 gram, aneka olahan pangan laut mulai dari harga Rp15 ribu per 250 gram, aneka baso seafood Rp15 ribu per 180 gram, cakalang presto Rp20 ribu per ekor, bandeng prestor Rp10 ribu per ekor, dan masih banyak lainnya.

"Harga ikan lebih murah 25 persen dari harga ikan di pasaran," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018