Bogor (Antaranews Megapolitan) - Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Petanian Bogor (IPB) menggelar seminar Sustainable Development Goals (SDGs) atau Target Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Koridor Pinus Faperta IPB, Kampus IPB Dramaga Bogor (16/5). Kegiatan SDGs ini mengusung tema, “Inisiatif Lokal atau Inisiatif Individu untuk Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs)”.

Dosen Departemen Agribisnis FEM IPB sekaligus pembina kegiatan SDGs, Dr. Bayu Krisnamurthi mengatakan bahwa kegiatan ini murni mengenai mata kuliah pembangunan dan politik agribisnis. Dalam mata kuliah itu kita mengajak mahasiswa untuk memahami dan berperan aktif dalam mewujudkan  SDGs  dan  pembangunan baik dalam level nasional maupun dunia. Ia menegaskan perguruan tinggi bisa mengambil peran awal penggerak program SDGs.

“SDGs ini harus digerakkan dan harus ada penggeraknya. Jadi kita harus siap untuk mendukung program SDGs. Saya ingin mengajak mahasiswa agar sadar pada level mereka pun dapat berkontribusi, sehingga mahasiswa tidak hanya sekedar kuliah dan belajar untuk dirinya sendiri tetapi dapat berkontribusi langsung memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Menurut Dr. Bayu, peran penting sektor pertanian dalam program SDGs terlihat dari 17 goals. Goals ini menitikberatkan pada upaya pengentasan kemiskinan dan kelaparan, disamping perhatian terhadap masalah kesehatan, pendidikan, ketidaksetaraan gender dan kelestarian lingkungan. Beberapa hal diantaranya tentu berhubungan langsung dengan pangan dan pertanian.

Sementara Ketua Penyelenggara SDGS, Nanda menjelaskan kegiatan ini merupakan output dari akhir mata kuliah pembangunan dan politik agribisnis. Maka dibuatlah expo yang mendukung kegiatan  SDGs.

“Harapannya lebih bermunculan aksi nyata dari mahasiswa agribisnis untuk terjun langsung mendukung kegiatan SDGs dengan aksi nyata dan menyadarkan mahasiswa agar membuat gerakan yang bermanfaat untuk mendukung kegiatan SDGs,” ujarnya.

Expo SDGs dari mahasiswa agribisnis ini menampilkan stand-stand, diantaranya stand tidak ada kemiskinan, kemitraan, tidak ada kelaparan, kesehatan dan kesejahteraan, kualitas pendidikan, ekonomi, kesetaraan wanita, air bersih, kehidupan di darat, kehidupan di bawah air, aksi iklim, kota yang berkelanjutan, hingga stand tempat keadilan. Hadir dalam kegiatan SDGs Ketua Departemen Agribisnis FEM IPB, Dr. Dwi Rachmina. (Awl/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018