Bogor (Antaranews Megapolitan) - Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria manyatakan 127 tim turut ambil bagian pada Piala Indonesia 2018 yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Itu rinciannya 18 tim dari Liga 1, 24 wakil Liga 2, dan sebanyak 85 tim berasal dari Liga 3. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia membagi 127 tim dalam 16 zona," katanya di Cibinong, Kamis.

Menurut dia, sistem penentuan tuan rumah Piala Indonesia berdasarkan strata kompetisi. Itu artinya tim yang menduduki nomor urut terkecil pada group akan menjadi tuan rumah.

Namun dalam hal ini akan ada tujuh tahapan hingga babak final. Untuk babak pertama (127 besar) dan kedua (64 besar) akan berlaku sistem satu pertandingan.

Sedangkan pada babak ketiga (32 besar) hingga babak final akan diterapkan sistem kandang maupun tandang.

Dalam turnamen ini, ada satu keunikan dimana tim Liga 3 dapat berhadapan dengan wakil dari Liga 1.

Ia menambahkan dalam turnamen sepak bola tersebut terdapat 16 zona group yang nantinya akan merebutkan point terbanyak. Pada zona pertama terdapat Kuala Nangroe melawan PSMS Medan, PSBL Langsa akan berhadapan dengan PSDS Deliserdang.

Kemudian untuk Persiraja Banda Aceh melawan Aceh United, dan PS Keluarga USU akan berhadapan dengan tim lainnya, yang saat ini masih proses penentuan. Tetapi pada zona kedua antaranya Kepri 757 Jaya melawan PSPS Pekanbaru, Persih Tembilahan berhadapan dengan Semen Padang.

Sedangkan Pes Pessel melawan Batang Anai FC, PS Bintan berhadapan dengan Nabil FC. Dan zona ketiga PS Bangka Selection melawan Sriwijaya FC, Persimura Musi Rawas berhadapan dengan PS Timah Bangka.

Namun PS Belitung Timur berhadapan dengan PS Bengkulu, PS Benteng melawan Persijam Jambi. Pada zona empat Persitangsel Tangerang Selatan melawan Bhayangkara FC, Lampung Sakti berhadapan dengan Perserang Serang.

Lalu untuk Sakai Sambayan Lampung FC melawan Cilegon United, Persilat Lampung Tengah berhadapan dengan Persita Tangerang. Untuk zona kelima Persikabo Bogor melawan Persija Jakarta, Villa 2000 B berhadapan dengan Persiwa Wamena.

Dan Bogor FC melawan Persika Karawang, Patriot Candrabhaga berhadapan dengan Bintang Krangan. Sedangkan untuk zona enam PSKC Cimahi melawan Persib Bandung, Maung Anom FC berhadapan dengan Persibat Batang.

Tetapi untuk PSCS Cilacap melawan Persibangga Purbalingga, Persibas Banyumas berhadapan dengan PSGC Ciamis. Serta pada zona tujuh Persab Brebes melawan PSIS Semarang, PSIP Pemalang berhadapan dengan PSIR Rembang.

Untuk, Persekat Kabupaten Tegal berhadapan dengan Persik Kendal, Persip Pekalongan melawan Persijap Jepara. Serta zona delapan Persiba Bantul melawan PS Tira. Dan Persitema Temanggung berhadapan dengan PSIM Yogyakarta, PSD Demak melawan PSS Sleman.

Lalu, Persibara Banjarnegara berhadapan dengan Gadjah Mada FC, dan pada zona sembilan PSBK Blitar melawan Arema FC. Sedangkan Persinga Ngawi melawan Persis Solo, Madiun Putra berhadapan dengan Blitar United. Tetapi untuk Persekam Metro melawan Persega Trenggalek.

Pada zona sepuluh Persibo Bojonegoro melawan Madura United, Persegres Gresik berhadapan dengan Persatu Tuban. Dan Persepam Madura melawan Madura FC, Persekap Pasuruan berhadapan dengan Perssu Sumenep

Dan pada zona 11 terdapat Persik Kediri versus (VS) Persela Lamongan, PSBI Blitar melawan Persebaya Surabaya, Blitar Putra berhadapan dengan Mojokerto Putra. Lalu Persekabpas Pasuruan melawan Persid Jember.

Tetapi pada zona 12 terdapat PS Sumbawa Barat vs Bali United, PS Badung Bali melawan Persigo Semeru FC, Persekaba Bali berhadapan dengan Perse Ende. Dan PSKT Sumbawa vs Persewangi Banyuwangi.

Untuk Zona 13 antaranya Kota Baru FC vs Barito Putera, Persibeng Bengkayan melawan Martapura FC, Persipon Pontianak berhadapan Kalteng Putra, dan Perseban Banjarmasin hingga saat ini belum mendapatkan lawan.

Kemudian pada zona 14 terdapat Persikap Kapuas vs Mitra Kukar, PSAD Balikpapan melawan Borneo FC, Deltras Sidoarjo dengan Persiba Balikpapan, tetapi untuk Persida Sidoarjo hingga saat ini belum mendapatkan lawan.

Dan pada zona 15 antaranya Persidrap vs PSM Makassar, Persebul Buol melawan Persbit Bitung, Persidago Gorontalo dengan Matra Mamuju. Lalu Persiter Ternate vs Celebest FC, Persipal Palu hingga saat ini belum mendapatkan lawan.

Untuk zona 16 Yahukimo FC vs Persipura Jayapura, Persintan Intan Jaya melawan Perseru Serui, Persewar Waropen dengan PSBS Biak, Pelauw Putra berhadapan Perseka Kaimana.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan Piala Indonesia 2018 ingin dijadikan sebagai ikon sepakbola tanah air. Dan ini adalah salah satu cara untuk menunjukkan persepakbolaan profesional dengan suporter yang elegan.

"PSSI berharap Piala Indonesia yang hadir kembali kita pupuk bersama menjadi legacy dan berharap tidak adanya kerusuhan antar kelompok suporter agar persepakbolaan dapat menjadi lebih baik," katanya.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018