Purwakarta (Antaranews Megapolitan) - Sebanyak 25.900 butir telur siap tetas yang dihasilkan dari salah satu perusahaan dalam negeri di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, diekspor ke Myanmar.

"Ekspor Ini tahap pertama, kemungkinan besar akan dilakukan secara berkesinambungan," kata Penjabat Bupati Purwakarta M Taufiq Budi Santoso disela pelepasan ekspor 25.900 telur siap tetas, di Purwakarta, Senin.

Perusahaan yang mengekspor telur tetas ke Myanmar itu ialah PT Unggas Lestari Unggul berlokasi di Kampung Ciseupan, Desa Ciracas, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta.

Ia mengatakan, sesuai keterangan dari pihak perusahaan, Myanmar menjadi negara tujuan ekspor, karena telur tetas di negara itu dibutuhkan untuk budidaya unggas.

Taufik menyatakan, Pemerintah Kabupaten Purwakarta berada di garda terdepan untuk mendorong perusahaan sejenis melakukan ekspor.

"Kita siapkan infrastruktur yang baik dan pelatihan sumber daya manusia. Ini bisa menunjang pertumbuhan ekonomi Purwakarta," kata dia.

PT Unggas Lestari Unggul sendiri dibangun di Purwakarta karena iklim daerah tersebut cukup sejuk dan cocok untuk pengembangan unggas. Sehingga, telus dari unggas tersebut memiliki kualitas baik berdaya saing ekspor.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018