Karawang (Antaranews Megapolitan) - Sebanyak tujuh perusahaan bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melakukan penghijauan melalui aksi tanam seribu pohon di bantaran sungai Citarum wilayah Telukjambe Timur, Kamis.

"Penanaman pohon ini menjadi dukungan pemerintah kabupaten dan perusahaan terhadap program Citarum Harum yang dicanangkan pemerintah pusat dalam melestarikan sungai Citarum," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan setempat Wawan Setiawan, di Karawang.

Ia mengatakan, panjang sungai Citarum di wilayah Karawang mencapai 129 kilometer atau hampir setengah dari panjang sungai Citarum yang mencapai 300 kilometer.

Karena itu, katanya, dukungan pihak swasta atau perusahaan itu bisa memberikan dampak yang signifikan dalam upaya pemerintah melestarikan sungai Citarum.

Aksi tanam seribu pohon di bantaran sungai Citarum itu sendiri diikuti tujuh perusahaan, yakni PT Pupuk Kujang, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Multi Indo Mandiri, PT PLN, Pengelola Kawasan Industri KIIC, PT HM Sampurna dan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa.

"Jenis pohon yang ditanam itu bermacam-macam seperti pohon mangga, mahoni, bambu dan lain-lain. Setiap perusahaan boleh memilih jenis pohon yang ditanam," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018