Bogor (Antaranews Megapolitan) - Peringati Hari Air Sedunia, Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan (Himatesil) Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian (Dept. SIL-Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyusuri Sungai Ciliwung kawasan Sukasari Bogor, (22/3).  

Himatesil berkolaborasi dengan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) dan local guide Bogor-Bandung dalam melaksanakan susur sungai ini. Aksi juga diikuti oleh para volunteer mahasiswa dari Dept. SIL.

“Selain untuk memperingati hari air sedunia, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak mahasiswa agar lebih peduli dengan kondisi air yang ada di Indonesia khususnya air bersih. Kita tahu bahwa kuantitas air di bumi tetap, namun kuantitas air bersih yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari semakin langka. Sungai-sungai yang ada di berbagai belahan dunia banyak yang tercemar, kualitas air sungai pun semakin langka,” ujar Ketua Aksi, Dwina.

Ciliwung menjadi salah satu target susur sungai ini dikarenakan Sungai Ciliwung merupakan salah satu sungai yang sering meluap ketika musim penghujan dan menyebabkan banjir di beberapa kawasan. Ini karena banyaknya sampah-sampah yang dibuang ke dalam sungai.

“Susur sungai ini dilakukan untuk membersihkan Sungai Ciliwung dari sampah. Kegiatan susur sungai dimulai dari Gang Masjid Sukasari, lalu turun ke Sungai Ciliwung. Karena kondisi yang tidak memungkinkan (hujan) dan arus sungai yang semakin deras, perjalanan susur sungai dilanjutkan ke arah Sukamulya dengan berjalan di jalan pemukiman dan jalan utama. Dari Sukamulya dilanjutkan perjalanan ke daerah Pulo Geulis sebagai titik terakhir dari susur sungai,” terangnya.

Dengan adanya susur sungai ini Ia berharap dapat mengajak dan memotivasi mahasiswa yang lain untuk menjaga sumber-sumber air yang ada. Dimulai dari yang terkecil lebih dahulu seperti kegiatan susur Sungai Ciliwung ini.

Selain menyusuri sungai, mereka juga melakukan kampanye sosial di Taman Sempur, Bogor. Target dari kegiatan ini adalah masyarakat umum, mahasiswa dan pelajar.

“Kami mewawancarai beberapa warga terkait dengan air dan kondisi sungai. Kemudian memberikan informasi dan gambaran seputar air dan Sungai Ciliwung. Harapannya agar masyarakat lebih peka terhadap lingkungan khususnya mengenai air, dan turut menjaga lingkungan untuk masa depan yang lebih baik. Kegiatan diakhiri dengan bagi – bagi permen kepada warga,” ujarnya. (dh/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018