Bogor (Antaranews Megapolitan) - Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi (Himagreto) Departemen Geofisika dan Meteorologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor (FMIPA IPB) menyelenggarakan Meteorologica l Day 2018 atau Metday 2018 di Kampus IPB Dramaga (23/3). Metday 2018 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Meteorologi Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 Maret.

Hari Meteorologi ini diperingati oleh 188 negara anggota World Meteorological Organization (WMO) termasuk Indonesia. Meteorologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari dan membahas gejala perubahan cuaca yang berlangsung di atmosfer. Selain itu pengkajian meteorologi juga meliputi kerjasama dengan bidang lainnya seperti klimatologi, kualitas udara dan geofisika.

Tahun ini, kegiatan Metday dilaksanakan dengan membuat Galeri Meteorologi (Gamet) yang mengusung tema “Perubahan Iklim, Dampak, dan Antisipasinya”. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan dan mengajak seluruh masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim yang semakin nyata.

Gamet menampilkan poster penelitian, alat-alat penelitian dan hasil-hasil penelitian yang bisa disampaikan kepada masyarakat dan mahasiswa.

“Peran aktif dalam menjaga dan memperbaiki kualitas lingkungan akan membawa  pada masa depan yang lebih nyaman. Sedangkan kerusakan akibat kegiatan manusia akan berdampak pada penurunan kualitas dan perubakan iklim global,” kata Ketua Panitia Metday 2018, Adnan Ramadhitiya.

Ketua Departemen Geofisika dan Meteorologi FMIPA IPB Dr. Rahmat Hidayat mengatakan IPB dalam hal ini mahasiswa Himagreto mengambil peran dengan ikut berpartisipasi dalam mengkampenyakan apa yang dicanangkan oleh WMO. Targetnya adalah masyarakat umum, mahasiswa dan pelajar yang belum banyak informasi terkait dengan pentingnya cuaca dan iklim.

“Memberikan gambaran mengenai perubahan iklim dan dampaknya dapat menyadarkan setiap orang untuk menjaga lingkungan dan melakukan langkah-langkah antisipasi. Harapan dari kegiatan ini adalah masyarakat dapat lebih peka dan menjaga lingkungan sebagai langkah awal antisipasi terhadap perubahan iklim dan bukan semakin memperparah dampaknya di masa depan nanti,” paparnya. (Awl/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018