Bogor (Antaranews Megapolitan) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengharapkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengintegrasikan penelitian yang dihasilkan badan penelitian dan pengembangan di sejumlah kementerian dan lembaga.

"Kami berharap dengan kekuatan ini LIPI menjadi sentral penelitian bidang ilmu pengetahuan," kata Asman usai menghadiri Rapat Kerja LIPI di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Asman menghadiri rapat kerja LIPI untuk memberikan dukungan kepada LIPI agar dapat menghasilkan penelitian di bidang ilmu pengetahuan agar tidak tertinggal dengan negara-negara lain.

Dalam kesempatan tersebut, Asman mengatakan di beberapa kementerian terdapat balai penelitian, muapun lembaga penelitian yang juga melakukan penelitian seperti halnya LIPI.

Pemerintah lanjutnya, telah mengalokasikan anggaran cukup besar mencapai Rp41 triliun lebih. Kemenpan RB berupaya agar penelitian yang dihasilkan masing-masing litbang di kementerian lembaga tetap sinkron satu dengan yang lainnya.

"Kira-kira apa yang dihasilkan oleh balai penelitian tersebut, angarannya cukup besar lebih kurang 41 sekian triliun. Saya melihat ini perlu dievaluasi," katanya.

Menurutnya evaluasi dilakukan agar ke depan LIPI bisa merekomendasikan penelitian mana yang bisa diintegarsikan, sehingga hasil penelitian yang dilakukan masing-masing badan litbang tidak berserakan satu dengan yang lainnya.

"Jadi nanti hasil penelitiannya harus jelas, kira-kira untuk apa, hasil luarannya harus jelas, jangan sampai setelah diteliti, biayanya besar tapi tidak bermanfaat apa-apa bagi negara maupun bagi dunia industri," kata Asman.

Asman menambahkan rapat kerja yang dilakukan oleh LIPI diharapkan fokus membahas evaluasi yang akan dilakukan oleh Kemenpan RB, apakah membahas terkait tata kerjanya, pola organisasinya.

"Rekomendasinya nanti disampaikan ke Menpan RB, saya akan coba `mereform` (pembaruan) bagaimana SDM yang dibutuhkan oleh LIPI, organisasinya, kemudian sistem penempatan jabatanya," kata Asman.

Harapan dari rapat kerja LIPI tersebut dapat merekomendasikan bidang penelitian yang akan dilakukan, apa organisasinya, serta seperti apa langkah ked depannya, konsentrasi apa yang difokuskan bidang penelitiannya.

"Sekarang dunia cepat berubah baik bidang IT maupun ilmu pengetahuan, jangan sampai penelitian kita ketinggalan, harus lebih duluan," kata Asman.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018