Bogor (Antaranews Megapolitan) - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam gerakan sosial Gerakan Cinta Anak Tani (GCAT) bagikan paket buku latihan soal SBMPTN kepada 22 orang anak petani di Kampus IPB Dramaga (18/2). Anak-anak ini berasal dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bogor diantaranya dari SMA Negeri 1 Pamijahan, SMA Negeri 1 Tenjolaya, SMA Negeri 1 Dramaga, SMAN 1 Cibungbulang, SMA N 1 Ciampea dan SMAN 1 Leuwiliang. Pemberian buku dimaksudkan untuk mempermudah Penerima Manfaat GCAT (PM GCAT) untuk dapat mempersiapkan diri di jalur tes masuk perguruan tinggi atau SBMPTN.

Pembina GCAT, Ach. Firman Wahyudi S.E., M.Si menyampaikan selamat kepada PM GCAT karena telah mendapatkan bahan belajar untuk mempersiapkan diri menyambut periode seleksi Perguruan Tinggi Nasional baik Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Masa-masa beberapa bulan ke depan akan menjadi masa yang menentukan masa depan, tetap semangat. Manfaatkan waktu dengan baik dan terus berusaha maksimal,” ujarnya.

Buku yang dibagikan oleh para volunteer kepada para PM GCAT merupakan bentuk kepedulian mahasiswa dan alumni IPB terhadap dunia pendidikan khususnya para anak petani. Keterbatasan ekonomi yang dihadapi keluarga petani khususnya dalam menunjang pendidikan anak menjadi hal yang perlu di perhatikan untuk pemerataan pendidikan dan keberlanjutan pertanian.

“Semakin bertambah umur, saya semakin sadar bahwa dengan memberi orang lain itu memberi arti. Saya senang bisa berkontribusi dan berbagi kepada adik-adik GCAT ini. Semoga dapat menjadi berkah dan memudahkan langkah adik-adik untuk menggapai Perguruan Tinggi yang mereka inginkan,” sebut Mumpuni, mahasiswa dari Departemen Kimia yang terlibat sebagai volunteer GCAT.

Buku-buku yang disalurkan ada tiga jenis yaitu Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum) dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC). Lebih dari 50 persen PM GCAT ingin melanjutkan sekolah ke IPB (FI/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018