Bogor (Antaranews Megapolitan) - Sebanyak 1.200 relawan dari unsur TNI, Polri, dan komunitas peduli lingkungan melakukan kerja bakti membersihkan telaga Saat yang terletak di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Kerja bakti Ngalokat Sirah Cai Ciliwung (membersihkan hulu Sungai Ciliwung-red) dipimpin Komandan Korem 061/Suryakancana Kolonel Inf Muhammad Hasan, diikuti Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Kapolres Bogor Kabupaten AKBP Andi Moch Dicky, perwakilan dari Pemkab Bogor.

Hasan mengatakan pihaknya mengajak 114 komunitas dari berbagai wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Sukabumi, hingga Cianjur bersama-sama TNI dan Polri melakukan aksi sosial peduli lingkungan.

"Menjaga lingkungan bagian penting dalam pertahanan bangsa," kata Hasan.

Ia mengatakan pihaknya ingin mengetuk hati semua pihak termasuk masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan termasuk Telaga Saat.

Telaga Saat merupakan salah satu hulu Sungai Ciliwung yang berada di kawasan Puncak. Kondisinya kurang mendapat perhatian dan tidak terawat.

"Sungai Ciliwung ini berdampak luas bagi semua, apalagi saat meluap awal Februari lalu, dampaknya hingga ke Jakarta," katanya.

Ia mengatakan kerusakan alam memberikan dampak buruk bagi masyarakat, seperti banjir dan longsor. Kerusakan alam di kawasan Puncak menyebabkan terjadi longsor yang menelan korban jiwa.

"Jika kita menjaga alam, alam akan menjaga kita. Tapi kalau kita merusak alam, alam akan murka," katanya.

Kerja bakti melibatkan 1.200 relawan merupakan aksi terbesar yang dilakukan Korem 061/Suryakancana dalam upaya pelestarian lingkungan.

Anggota TNI, Polri dan relawan dari sejumlah komunitas melakukan aksi penanaman sekitar Telaga Saat, penebaran benih ikan serta membersihkan gulma dari dalam telaga.

Jenis yang ditanampun beragam, terdiri atas tanaman keras seperti buah-buahan dan kayu lainnya.

"Aksi ini akan berkelanjutan sampai kondisi Telaga Saat normal kembali," katanya.

Banyak pihak yang terlibat dalam aksi kepedulian lingkungan ini, selain dari Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor, juga dari BUMN.

PLN area Bogor ikut serta dalam aksi kepedulian lingkungan tersebut dengan menyediakan bibit pohon, serta benih ikan yang akan ditebar di Telaga Saat.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018