Bogor (Antaranews Megapolitan) - Ikatan Keluarga Mahasiswa Bumi Sriwijaya (Ikamusi) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengunjungi 56 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumatera Selatan untuk melakukan sosialisasi tentang IPB. Lebih dari 1000 siswa mendapatkan paparan tentang jalur masuk, program studi, kehidupan kampus, hingga membuka wawasan tentang pertanian dari mahasiswa IPB pada Januari lalu.

Seluruh siswa yang berada di Sumatera Selatan memiliki antusias yang tinggi terhadap kehadiran mahasiswa IPB. Hal ini terbukti dengan sikap mereka yang sangat terbuka dan aktif berdiskusi dengan mahasiswa saat roadshow berlangsung. Kebanyakan dari mereka memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan pendidikan di IPB.

''Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami yang ingin mendapatkan informasi secara langsung. Kegiatan ini juga dapat membuka pikiran kami tentang pentingnya pertanian yang dipandang sebelah mata oleh banyak orang,'' ujar Putri Adelia, siswi SMA Negeri 3 Palembang.

Menurut salah satu guru yang hadir, IPB memiliki banyak jaringan yang luas sehingga akan lebih mudah bagi lulusannya untuk mencari pekerjaan. Bahkan lulusan IPB banyak yang telah menjadi pejabat eselon satu.

Hal-hal yang menarik dari kegiatan ini adalah mahasiswa bisa berbagi pengalaman dan informasi mengenai kampus tercinta. Mahasiswa juga bisa memanfaatkan waktu liburannya dengan produktif.

''Selain itu ada pengalaman yang tak terlupakan bagi kami. Seperti mahasiswa sudah jauh datang ke sekolah tersebut untuk sosialisasi tapi ternyata bukan hari tersebut jadwalnya. Kejadian ini membuat mahasiswa mengerti pentingnya komunikasi sebelum bertindak. Saat mengunjungi satu sekolah ke sekolah lainnya, terjadi kecelakaan kecil seperti pecah ban pada motor salah satu mahasiswa. Namun hal ini tidak membuat surutnya semangat dari mahasiswa untuk berbagi pengalaman dan informasi kepada adik-adik kelasnya,'' ujar Ketua Ikamusi Aldino Sastra Wijaya, mahasiswa dari Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (Fema). (**/Zul).


Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018