Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengirim bantuan untuk korban tanah bergerak di Kampung Pasirjambu dan Pasirgerong.

"Bentuk bantuan kedaruratan yang telah distribusikan, yakni paket `hygiene kit` dan terpal untuk membantu serta meringankan korban yang terdampak bencana pergerakan tanah yang sampai saat ini masih bertahan di posko pengungsian," kata Kepala Markas BPBD Kabupaten Sukabumi Budiharto di Sukabumi, Sabtu.

Dia menjelaskan kondisi masyarakat sekitar saat ini masih khawatir adanya bencana tanah bergerak dan tanah longsor susulan, terlebih saat turun hujan.

Selain itu, kata dia, warga mulai khawatir karena persediaan logistik yang berada di posko sudah mulai menipis.

Bantuan seperti itu akan terus disalurkan untuk para korban bencana alam di Kabupaten Sukabumi yang tentunya juga untuk membantu pemerintah setempat dalam hal alokasi bantuan.

Kepala Divisi Penanggulangan PMI Pusat Arifin M. Hadi mengatakan dalam merespons berbagai bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah, pihaknya sudah melakukan upaya koordinasi dengan BNPB dan BPBD.

"Kita pun melakukan pendampingan dan dukungan ke beberapa PMI provinsi dan kabupaten yang terdampak serta mendistribusikan bantuan kedaruratan dari beberapa gudang regional PMI di setiap wilayah, " kata dia.

Pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh staf dan sukarelawan PMI di daerah agar meningkatkan kewaspadaan dan bersiaga, karena kondisi cuaca dalam beberapa terakhir ini buruk, seperti turun hujan deras disertai angin yang berpotensi terjadinya bencana alam.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018