Cikarang, Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akan memberikan bantuan berupa benih padi bagi kelompok tani yang lahan garapannya mengalami musibah banjir yang menyebabkan gagal panen.

"Lahan yang kebanjiran seluas 1.554 Hektare dan tersebar di 10 kecamatan," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdul Karim di Kabupaten Bekasi, Kamis.

Menurut dia 10 kecamatan antaranya Sukakarya, Sukatani, Cabangbungin, Tambun Utara, Karang Bahagia, Cikarang Barat dan Pebayuran.

Data tersebut, berdasarkan Iaporan dari 10 kecamatan yang wilayahnya kebanjiran. Namun untuk kerugian akibat dampak gagal panen dari banjir, hingga saat ini belum ada laporan resminya.

"Saat ini yang menjadi prioritas utama adalah membantu petani untuk meringankan bebannya," jelasnya.

Ia menambahkan dalam pemberian benih padi unzuk petani sudah menjadi program utama setiap tahunnya. Ini juga dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

"Dengan benih yang baik ini merupakan salah satu cara agar masyarakat petani dapat mencapai hasil panen yang maksimal," katanya.

Selain itu juga dimaksudkan sebagai motivasi bagi masyarakat petani dimana pemerintah daerah juga memiliki tanggungjawab untuk memberikan sebuah apresiasi.

Karim menegaskan upaya tersebut adalah salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat petani guna meningkatkan hasil panen.

Karena Kabupaten Bekasi merupakan salah satu penghasil beras terbaik selain daerah pada Provinsi Jawa Barat lainnya.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018