Bogor (Antaranews Megapolitan) - IPB Goes to School (IGTS) adalah program tahunan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang melibatkan Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda) untuk turun langsung ke SMA seluruh Indonesia. Salah satu partisipan dalam kegiatan ini adalah Omda Banjarnegara yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Mahasiswa Banjarnegara (Ikamabara). Dengan mengusung tema “Sowan Umah” (berkunjung ke rumah), sebanyak 20 orang anggota Ikamabara mengunjungi 13 SMA/SMK/MA di Banjarnegara.

“Antusiasme dari berbagai pihak sangat tampak dalam acara ini. Hal ini terbukti dengan total peserta sekira 1.500 siswa yang berpartisipasi. Saat diminta memberikan tanggapan terhadap kegiatan IGTS ini, respon yang diberikan positif. Menurut beberapa siswa yang angkat bicara, mereka merasa senang dengan kunjungan perwakilan IPB ke sekolah mereka. Begitu pula para guru di setiap sekolah, mereka mengaku senang dengan program IGTS ini,” ujar panitia, Fauzan Azhari.

Fauzan mengatakan, tema “Sowan Umah” yang diusung nampaknya memberi kesan kedekatan dan persaudaraan bahwa sejauh apapun Ikamabara berjuang di luar sana, Ikamabara akan tetap kembali sowan umah (berkunjung ke rumah), Banjarnegara Gilar Gilar.

Dalam setiap akhir sesi roadshow, disediakan waktu tanya-jawab yang disambut antusias oleh siswa. Beberapa pertanyaan yang sering diajukan adalah seputar jalur masuk IPB, fakultas dan jurusan, tips dan trik masuk perguruan tinggi, juga gambaran umum menjadi mahasiswa. “Harapannya, siswa yang telah memperoleh penjelasan tentang IPB, dapat belajar di IPB, dan kembali ke daerah untuk Banjarnegara,” kata Fauzan.

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018