Purwakarta (Antara Megapolitan) - Tujuh desa dari lima kecamatan yang berbeda di Kabupaten Purwakarta, Jabar, Kamis, menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, dan kepala desa terpilih akan langsung dilantik pada hari yang sama.

"Kepala desa yang sudah terpilih akan langsung dilantik nanti malam," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat Suhandi, di Purwakarta, Kamis.

Untuk proses pemungutan suara dilakukan pada Kamis pagi hingga siang. Kemudian dilakukan penghitungan perolehan suara, dan pemenangnya akan langsung dilantik.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta sendiri telah menyiapkan tempat pelantikannya di Bale Maya Datar, komplek Pemkab Purwakarta.

Ia mengatakan, Pilkades serentak yang langsung disambung dengan pelantikan bagi kepala desa terpilih merupakan sebuah tradisi yang telah dilakukan di Purwakarta, diinisiasi oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Desa-desa yang menggelar Pilkades serentak itu di antaranya Desa Jatimekar dan Mekar Galih Kecamatan Jatiluhur serta Desa Linggar Sari dan Desa Liung Gunung Kecamatan Plered.

Desa lainnya yang menggelar Pilkades itu ialah Desa Sukajadi Kecamatan Pondok Salam, Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong serta Desa Cianting Kecamatan Sukatani.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Panda Dinata menjamin pelaksanaan Pilkades akan berjalan aman dan lancar.

"Kita menyiapkan pengamanan serta monitoring langsung ke lapangan," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017