Bogor (Antara Megapolitan) - Agung Suharyana, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) asal Kuningan, Jawa Barat, dikenal sebagai mahasiswa yang piawai dalam menuangkan ide ke dalam tulisan (essai).

Beberapa karyanya kerap menjuarai perlombaan-perlombaan essai di Indonesia. Pada tahun 2017 ini salah satu karyanya berhasil memikat Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI untuk diskusi lebih lanjut mengenai ide essai yang dibuatnya.

Tidak hanya itu, beberapa waktu yang lalu Agung dan rekannya Kholili mahasiswa Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB berhasil mencatatkan idenya sebagai Juara III lomba essai nasional yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Ilmu Sosial Universitas Brawijaya.

Ide yang saat itu dibuat Agung adalah inovasi baru untuk memudahkan wisatawan pengelola pariwisata dengan judul ''Techno Fun: Aktualisasi Pengembangan Teknologi Informasi bagi Industri Pariwisata Berbasis Mobile Tourism''.

Konsepnya adalah sistematisasi pariwisata agar lebih efisien dan memberikan efek lebih terhadap kesejahteraan masyarakat.

Terdapat tiga fitur di dalam ide mobile tourism yang dibuat, yakni halaman untuk user (wisatawan), halaman untuk objek wisata dan penginapan (pemerintah); serta halaman untuk guide dan transportasi.

Walaupun baru sekadar ide, harapannya  dapat menjdi ide yang dipertimbangkan oleh para pengelola parawisata di Indonesia.

''Menulis adalah salah satu kontribusi saya sebagai mahasiswa bagi masyarakat Indonesia dalam membangun Indonesia. Dengan menulis aspirasi bisa tersampaikan dan tak jarang dapat menjadi solusi permasalahan,'' ujarnya.(IS/NM)

Pewarta: Humas IPB/Agung Suharyana

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017