Purwakarta (Antara Megapolitan) - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyatakan populasi hewan ternak di daerahnya mengalami peningkatan selama dua tahun terakhir seiring dengan upaya pemerintah kabupaten mengkampanyekan tingginya potensi beternak.

"Ini menjadi kebanggaan bagi Pemkab Purwakarta. Karena saat daerah lain kesulitan daging, terutama daging domba, di Purwakarta justru surplus," kata Dedi di Purwakarta, Selasa.

Saat ini, populasi hewan ternak di Purwakarta mencapai 4,1 juta ekor. Salah satu yang menjadi faktor pendongkrak bertambahnya populasi hewan ternak itu ialah meningkatnya minat masyarakat untuk beternak.

Untuk populasi hewan ternak jenis kambing dan domba, saat ini mencapai 203.337 ekor. Padahal, 2015 lalu atau dua tahun lalu hanya 161.708 ekor.

"Ini menjadi kabar baik. Kami berharap, ke depan populasi domba di Purwakarta semakin meningkat," kata dia.

Ia mengatakan sejak beberapa tahun terakhir budaya beternak kembali ditanamkan ke berbagai kalangan masyarakat, khususnya kepada para pelajar. Sejak saat itu, minat pelajar untuk beternak domba mengalami peningkatan.

"Ada alasan tersendiri, kenapa anak-anak ini harus gemar beternak. Salah satunya, untuk membentuk kemandirian mereka sejak dini," demikian Dedi.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017