Bogor (Antara Megapolitan) - Bus Premium Bogor-Senayan resmi diujicobakan, Selasa, uji coba bus berlangsung selama dua pekan yakni dari tanggal 31 Oktober sampai 10 November 2017 mendatang.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bogor Jimmy Hutapea mengatakan bus diberangkatkan setiap hari dari Pool Damri (Botani Square) menuju Plaza Senayan, Jakarta Selatan.

"Bus beroperasi tiga kali keberangkatan dari Bogor pada pukul 05.00, 05.30 dan 06.00 WIB, sedangkan kepulangan dari Jakarta pukul 16.00, 16.30 dan 17.00 WIB," katanya.

Total ada tiga bus yang diujicobakan dengan tarif Rp35 ribu per tiket, menggunakan jalur khusus di jalan tol, menyasar masyarakat perkantoran yang biasa beraktifitas menggunakan kendaraan pribadi ke Jakarta sebagai penumpang utama.

Program bus Premium merupakan program dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan telah lebih dulu diujicobakan di Bekasi pada bulan September lalu. Menyusul kini bus premium Bogor-Senayan yang diujicobakan.

Rute yang akan dilalui bus tersebut berangkat dari pool Damri (Botani Square) menuju Senayan. Bus dilengkapi fasilitas berupa `free wifi`, isi ulang daya ponsel, dan kecepatan terjamin dengan tarif yang terjangkau.

Lebih lanjut ia menjelaskan rute uji coba Transjabodetabek Premium Bogor-Senayan yakni pemberangkatan pagi : berangkat dari Bogor masuk GT. Bogor, keluar Semanggi, Jl Gatot Subroto, Jl Jendral Sudirman, "U-Turn", Jl Jendral Sudirman, Jl Pintu Gelora 1, Jl Asia Afrika, Jl Akses Sentral Senayan (titik akhir).

Untuk keberangkatan sore : Jl Akses Sentral Senayan, Jl Asia Afrika, Jl Jendral Sudirman, Bundaran Senayan, Jl Gatot Subroto, masuk gerbang tol Semanggi 2 dan keluar Bogor.

Jimmy menyebutkan program Transjabodetabek Premium trayek Bogor-Senayan ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan, dengan beralihnya pengendara mobil pribadi menggunakan bus Transjabodetabek Premium.

Ia mengatakan ada dua hal yang akan dilihat selama uji coba dilakukan yakni sejauh mana prasarana di jalan tol yang dilalui bus khusus tersebut.

"Bus Premium ini menggunakan jalur khusus di jalan tol, seberapa optimalnya dimanfaatkan oleh bus premium ini," katanya.

Hal kedua untuk melihat implikasi dari bus premium apakah akan mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi menjadi bus premium.

Uji coba bus Premium Bogor-Senayan disaksikan oleh Direktur Sumber Daya Manusia dan Administrasi Umum Perusahaan Umum DAMRI, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Kepala BPTJ Bambang Prihartono, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor Rakhmawati, serta jajaran Polresta Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebutkan bus premium ditujukan untuk masyarakat perkantoran yang saat ini membutuhkan akses transportasi yang cepat, aman, dan nyaman, selain kereta api yang kini semakin padat.

Kehadiran bus premium lanjutnya, sejalan dengan program pembangunan Kota Bogor yakni menyediakan sarana angkutan umum publik yang terintegrasi, menjadi salah satu dari enam misi pembangunan kota dalam mengatasi persoalan kemacetan

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017