Bogor (Antara Megapolitan) - Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyapa ribuan mahasiswa dalam kegiatan BUMN Hadir di Kampus Institut Pertanian Bogor, Sabtu.

IPB merupakan satu dari 28 kampus yang dihadiri oleh BUMN pada hari Sumpah Pemuda untuk memberikan materi terkait peran BUMN bagi negeri.

Sebanyak 1.200 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Bogor mengikuti kegiatan BUMN Hadir di Kampus IPB.

Menteri BUMN Rini Soemarno yang berhalangan hadir menyapa ribuan mahasiswa melalui video yang ditayangkan di awal acara.

Menurut Rini peringatan Sumpah Pemuda menjadi momen bagi generasi penerus untuk terus semangat membangun negeri.

"Saya mengapresiasi dan bangga pada putra-putri Indonesia untuk maju, semangat mensejehterakan bangsa lewat sumbangsih pemikiran positif, kreatif dan inovatif," kata Rini.

Rini menyebutkan keluarga besar BUMN terdiri atas berbagai anak bangsa. Sebagai BUMN selalu bekerja keras dan bersinergi dengan berbagai lapisan masyarakat, kementerian dan lembaga, dalam mempercepat pembangunan.

Peran BUMN dalam pembangunan, salah satunya pembangunan tol sepanjang 568 km. Upaya BUMN dalam mewujudkan keadiln seperti BUMN turun harga, BBM turun harga dan sembako turun harga.

Rini mengatakan BUMN berupaya melakukan pemberdayaan dan kesejahteraan, agar masyarakat mampu mandiri.

"BUMN hadir di berbagai kampus di 28 Oktober bertepatan dengan Sumpah Pemuda menjadi penyemangat bagi kaum muda untuk bejuang hingga nanti meneruskan perjungan bertintegritas profesional dan kompeten," kata Rini.

Rini menambahkan sudah saatnya semua pihak bahu membahu untuk sumbangsih bagi negara.

"Saat bersamaan BUMN beri kesempatan para mahasiswa untuk mewujudkan cita-cita. BUMN nantikan prestasi gemilang genersi muda sebagai penerus bangsa," kata Rini.

Staf Khusus III Kementerian BUMN Devy Suradji menyebutkan BUMN Hadir di Kampus merupakan program dari Kementerian BUMN hadir untuk negeri.

"BUMN punya program BUMN hadir untuk negeri, menjadi nafas BUMN supaya kita selalu hadir untuk bangsa, dimulai dengan momen Sumpah Pemuda kita menyapa 28 kampus di Indonesia memberikan materi tentang peran BUMN," kata Devy.

BUMN Hadir di Kampus IPB menghadirkan sejumlah narasumber yang memberikan kuliah umum di antaranya Staf Khusus III Kementerian BUMN Devy Suradji, Dirut PT Pegadaian (Persero) Sunarso, Dirut Telkomsel Ririek Adrinsyah, Direktur PLN Supangkat Iwan Santoso, dan Kepala Balai Pustaka, Fahrozi.

Sekretaris IPB Ibnu Qoyim sebagai tuan rumah menyampaikan kemitraan strategis antara kampus dan BUMN perlu terus dikembangkan.

"Perlu ada kerja sama antara kampus dan BUMN baik itu di penelitian, magang, dan mitra kerja BUMN," kata Ibnu.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017