Depok (Antara Megapolitan) - Kelompok Tari Mahasiswa `Kencana Pradipa` dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) berhasil memperoleh juara Grandprix (Juara Umum) atas pertunjukan Tarian Tradisional Saman dalam ajang kompetisi seni dan budaya di Bulgaria.

"Para kontingen yang mewakili Indonesia ini berhasil memukau para juri dan penonton," kata Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Rifelly Dewi Astuti di kampus UI Depok, Selasa.

Dalam ajang The 7th World Championship of Folklore yang berlangsung pada 17 sampai 27 Agustus 2017 di Bulgaria, Tim Tari UI berhasil menjuarai World Champion untuk kategori Folklore Ensembles, World Champion untuk kategori Folklore Instrumental Group, Gold Medal untuk kategori Folklore Instrumental Group dan Gold Medal untuk kategori Folklore Ensembles.

Menurut dia pada malam final, Kencana Pradipa, Fakultas Psikologi UI yang beranggotakan mahasiswa Fakultas Psikologi UI angkatan 2014 - 2016 berjumlah 32 orang ini bersaing ketat dengan penampilan negara lainnya seperti dari Rusia, Latvia, Kroasia, Iran, dan tuan rumah Bulgaria.

Ajang 7th World Championship of Folklore melibatkan dewan juri handal seperti Prof. Kravtsov Nikolai, Maestro Georgi Yanko dan Mr. Valentine Halvadjiev. Indikator penilaian diantaranya kompleksitas performa, kualitas performa, visual, kostum, staging dan perilaku panggung.

Menurut Team Leader Kencana Pradipa Fakultas Psikologi UI Vinda Manurung mengatakan kami berhasil unggul pada poin penilaian kompleksitas dan visual kostum panggung.

Persiapan yang kami lakukan menuju pertandingan tingkat internasional ini telah berlangsung sejak 1,5 tahun yang lalu, persiapan teknikal tari musik hingga dana usaha.

Total ada empat tarian yang kami persiapkan menjelang kompetisi yaitu Tari Saman, ada Tari Wanoja Bentang dari Sunda, Tari Kembang Selaras dari Betawi, dan Tari Papeda dari Papua.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017