Bogor, 24/10 (ANTARA) - SD Negeri Bantarjati 9 Kota Bogor, Jawa Barat, dinobatkan menyandang predikat sebagai "Sekolah Sobat Bumi" yang diberikan oleh PT Pertamina (Persero) melalui Program Pertamina Foundation.

"SDN Bantarjati 9 merupakan satu-satunya Sekolah Dasar di Jawa Barat dan merupakan 17 sekolah (SD, SMP, SMA, dan SMK) se Indonesia yang terpilih menjadi sekolah sobat bumi oleh PT Pertamina," kata Yayah Komariah, Kepala Sekolah SDN Bantarjati 9, di Bogor, Rabu.

Yayah menjelaskan, penunjukan Sekolah Sobat Bumi Champion dilakukan pada peluncuran Program Sekolah Sobat Bumi di Kantor Pertamina, Jakarta, Kamis (18/10).

Sekolah Sobat Bumi Champion terpilih berdasarkan hasil seleksi ketat terhadap 56 sekolah berpredikat sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri. Predikat Adiwiyata Mandiri, merupakan predikat bagi sekolah yang telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata dari Pemerintah selama tiga tahun berturut-turut.?

"Predikat Adiwiyata Mandiri untuk pertama kali di Kota Bogor disandang SDN Bantarjati 9," katanya.

Dijelaskannya, dengan menyandang Sekolah Sobat Bumi Champions, SDN Bantarjati 9 wajib dan sekolah-sekolah lainnya ditunjuk menjadi Sekolah Sobat Bumi yang wajib menjalankan empat pilar utama untuk mengembangkan mutu sekolah.

Empat pilar yang dimaksud adalah, pilar pertama, kepemimpinan kepala sekolah dan tenaga pendidikan melalui program highly effective leadership.

Pilar ke dua, menata menajemen sekolah melalui Good School Governance. Pilar ke tiga, menata kurikulum sekolah melalui Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam konteks lingkungan hidup (Education for Sustainable Development), dan pilar ke empat menjalankan program ramah lingkungan di sekolah masing-masing.

"Adapun program ramah lingkungan meliputi pengunaan energi terbarukan, efisiensi penggunaan bahan bakar fosil, pengelolaan limbah sekolah, kantin sehat terpadu dan keanekaragaman hayati, investasi penanaman pohon (menabung pohon), upaya maksimalisasi penggunaan transportasi ramah lingkungan dari dan ke sekolah," katanya.

Yayah menambahkan, Sekolah Sobat Bumi Champions diwajibkan membagi pengalaman, mempraktekkan kehidupan ramah lingkungan kepada masing-masing 10 sekolah lainnya, yang disebut juga dengan Sekolah Sobat Bumi Binaan.

Masa pembinaan akan berlangsung selama tiga tahun. Sepuluh yang akan dibina yakni SDN Cibuluh 1, SDN Sindang Barang, SDN Bantarjati 6, SDN Julang, SDN Polisi 1, SDN Gunung Batu 1 SDN Gunung Batu 2, SDN Baranangsiang, SDN Lawang Gintung 2 dan SD Pertiwi.

"Kami siap membagi ilmu dan pengalaman yang kami telah kami praktekkan ke seluruh sekolah yang ada," katanya.


Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012