Angka investasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, hingga bulan kesembilan 2024 mencapai Rp16,98 triliun, atau telah melampaui target yang ditetapkan hingga akhir tahun ini sebesar Rp15,5 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor Irwan Purnawan di Cibinong, Jumat, mengungkapkan saat ini, Kabupaten Bogor menempati peringkat ketiga se-Jawa Barat dalam merealisasikan target investasi.

Kabupaten Bogor berada di bawah Kabupaten Bekasi (Rp54,13 triliun) dan Kabupaten Karawang (Rp48,66 triliun). Membuntuti Kabupaten Bogor di tempat keempat yakni Kota Bekasi (Rp11,61 triliun) dan Kota Bandung (Rp8,57 triliun).

Baca juga: Sekda Ajat bertekad jadikan Kabupaten Bogor destinasi menarik berinvestasi
Baca juga: Dua KKM Inklusif di Bogor terima bantuan program investasi SDM dari Kemenag RI

Irwan menerangkan, meski sudah melampaui target dari Pemerintah Kabupaten Bogor, pihaknya tetap melakukan sejumlah upaya dalam membuka keran investasi di daerah ini. Karena, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan target investasi yang harus dicapai oleh Kabupaten Bogor selama tahun 2024 sebesar Rp18,1 triliun.

Ia mengaku optimistis mencapai target tersebut di akhir tahun, dengan sejumlah strategi yang sudah disiapkan oleh jajaran DPMPTSP Kabupaten Bogor.

“Ada beberapa langkah yang sudah dan sedang kita lakukan. Kami menggelar forum investasi, menyusun strategi promosi, promosi investasi, membuat peta potensi investasi dan lainnya,” ungkap Irwan.

Baca juga: Polresta Bogor selidiki kasus dugaan penipuan bermodus investasi

Selain itu Pemkab Bogor memberikan kemudahan dalam perpajakan dan regulasi untuk mempermudah investasi masuk ke Kabupaten Bogor.

"Kemudian juga memberikan insentif kepada pengusaha/investor,” tuturnya.

Irwan juga optimistis pemerintahan baru di bawah pimpinan Presiden Prabowo Subianto akan memuluskan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam mendapatkan investasi, mengingat kediaman Presiden berlokasi di Bukit Hambalang, Desa Bojongkoneng, Kabupaten Bogor.

“Dengan dukungan masyarakat diperlukan juga. Insya Allah dengan investasi yang besar masyarakat akan diuntungkan,” ujar Irwan.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024