Purwakarta (Antara Megapolitan) - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berziarah ke sejumlah makam pahlawan tanpa nama atau pahlawan tidak dikenal di komplek Taman Makam Pahlawan Sirnaraga Kabupaten Purwakarta, Jabar, sehari menjelang peringatan HUT Ke-72 RI, Rabu.

"Saya datang ke sini (makam pahlawan tak dikenal) terlebih dahulu, ingin merefleksi keikhlasan mereka yang tidak dikenal dalam perjuangan, maka saya ziarahi," katanya, di Purwakarta.

Selain merefleksi nilai ikhlas dalam berbangsa, cara tersebut dinilai sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan tak dikenal. Sebab bisa jadi, tidak ada keluarga pahlawan tersebut yang datang untuk menziarahi.

Ia mengatakan, sebagai bentuk penghormatan nyata, Dedi yang hadir ditemani petugas Dinas Tata Ruang dan Pemukiman setempat juga membersihkan makam pahlawan tak dikenal yang kondisinya tidak terawat.

Bahkan, bentuk nisan-nya terlihat sudah usang. Atas kondisi itu, bupati meminta petugas segera memperbaiki nisan tersebut.

Penjaga Taman Makam Pahlawan, Dede Sukmana mengatakan, taman makam Sirnaraga luasnya 2 hektare.

Didalamnya terdapat 79 makam pejuang tidak dikenal asal usulnya. Karenanya, tidak pernah ada keluarga yang menziarahi, baik setiap Idul Fitri maupun perayaan HUT RI.

"Kalau makam yang ada namanya di nisan, biasanya suka ada yang ziarah," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017