Pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) siap meningkatkan kolaborasi dengan pihak kepolisian untuk menekan angka kecelakaan dan kampanye keselamatan terhadap pengendara di jalan Tol Trans Jawa.

"Selama ini kami telah berkolaborasi dengan pihak kepolisian," kata Operations Management Department Head Astra Tol Cipali Prayogi Setyo Pratomo saat Ngobrol Santai Bareng Astra Tol Cipali di Subang, Rabu.

Ia menyebutkan bahwa kolaborasi itu dilaksanakan dengan jajaran Polres setempat dan dari PJR, untuk meningkatkan pelayanan dan sosialisasi keselamatan di jalan tol.

Baca juga: Astra Tol Cipali jamin penambahan lajur ketiga rampung pada Desember 2024

Kolaborasi yang selama ini dilaksanakan di antaranya ialah terkait dengan operasi truk yang over dimension over loading (odol) serta kegiatan ramp check.

Selain itu, katanya, juga dilakukan kolaborasi antara petugas Astra Tol Cipali dengan jajaran kepolisian dari PJR dan Polres dalam menangani parkir liar di bahu jalan.

Menurut dia, sejumlah sosialisasi keselamatan juga telah digelar jajaran kepolisian dengan pihak Astra Tol Cipali.

"Saya kira sudah sangat banyak kerja kolaborasi kami dengan pihak kepolisian, dan itu berjalan cukup baik. Kami dari pengelola jalan tol tidak bisa lepas dari kolaborasi dengan pihak kepolisian," katanya.

Baca juga: Astra Tol Cipali siapkan 785 toilet gratis pada musim mudik Lebaran 2024

Prayogi menyampaikan bahwa ke depan pihaknya akan terus meningkatkan kolaborasi dengan pihak kepolisian, sebagai bagian dari pelayanan kepada pengguna jalan tol.

Kegiatan yang akan dikolaborasikan kembali ialah mengenai kampanye keselamatan bagi pengguna jalan tol, serta rencana pemasangan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan Tol Cipali.

Sementara itu, Kanit Kamsel Satlantas Polres Subang Ipda Herlina Swandy menyebutkan bahwa kolaborasi pihak kepolisian dengan pengelola jalan tol itu harus dilaksanakan sebagai bagian dari pelayanan kepada pengguna jalan tol.

Kolaborasi tersebut diperlukan, di antaranya untuk kenyamanan dan keamanan pengendara di jalan Tol Cipali. (KR-MAK).

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024