Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengimbau segenap warga di daerah itu agar mewaspadai pergantian musim dari kemarau ke penghujan yang berpotensi mendatangkan musibah.
 
"Masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati karena saat ini sudah mulai turun hujan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bekasi, Dodi Supriadi, di Cikarang, Rabu.
 
Dia meminta masyarakat untuk melakukan langkah-langkah persiapan dalam rangka mencegah potensi bencana yang dapat timbul akibat perubahan cuaca.
 
"Karena di Kabupaten Bekasi saat turun hujan cenderung disertai angin kencang," katanya.
 
Sejumlah hal yang perlu diwaspadai antara lain potensi pohon tumbang akibat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Warga diminta segera memangkas ranting dan dahan untuk mengurangi beban berat pohon agar tidak sampai tumbang.
 
Bagi masyarakat yang tinggal di dekat bantaran sungai diminta untuk memperhatikan serta mewaspadai potensi bencana banjir yang dapat terjadi akibat luapan air sungai.
 
"Penting juga untuk menjaga lingkungan. Membuang sampah pada tempatnya. Rutin melakukan kerja bakti membersihkan selokan atau saluran air di lingkungan tempat tinggal," ucapnya.
 
BPBD Kabupaten Bekasi juga melakukan upaya mitigasi terhadap potensi bencana akibat datang musim penghujan. Sejumlah logistik pun mulai dipersiapkan sebagai respons cepat apabila terjadi bencana.
 
Pihaknya juga telah menginstruksikan segenap relawan kebencanaan mulai dari relawan desa dan kelurahan tanggap bencana hingga forum pengurangan risiko bencana dan para komunitas relawan untuk memantau perkembangan kondisi lingkungan di masa awal musim penghujan.
 
"Mereka adalah relawan-relawan yang sudah dibekali wawasan terkait penanganan darurat bencana apabila sewaktu-waktu terjadi. Butuh sinergi dan kontribusi segenap elemen masyarakat agar dampak bencana dapat diminimalisasi," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024