Pemerintah Kota  Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) meningkatkan pengelolaan sampah dari sumbernya lewat sistem 3R  (reduce, reuse, recycle) atau kurangi, gunakan lagi, dan daur ulang yang akan diterapkan di sekolah, rumah ibadah, hingga ruang terbuka.
 
"Kita akan terapkan 3R, hingga tidak ada lagi sampah yang dibawa ke pembuangan akhir," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa.
 
Menurut Dhany, persoalan sampah ini tidak hanya terkait membuang sampah pada tempatnya, tetapi juga lebih mengedepankan sosialisasi untuk menekan produksi sampah dari sumbernya.
 
"Mulai dari rumah dengan cara memilah. Mana sampah organik, mana yang anorganik. Yang keduanya ini akan berdampak positif, memberikan manfaat apabila dikelola dengan baik," ucap Dhany.
 
Baca juga: Pemkot Jakpus tekan produksi sampah dari sumbernya mulai di sekolah hingga ruang terbuka
 
Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga. Oleh karena itu, Pemkot Jakarta Pusat meminta kepada seluruh Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) untuk menggencarkan pengelolaan sampah dari sumbernya.

 

Pewarta: Siti Nurhaliza

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024