Alumni Universitas Indonesia yang tergabung dalam Lingkar Aktivis, mengumumkan hasil survei terbaru Pilkada Depok 2024 yang menyebutkan pasangan Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq unggul 58,88 persen.

Sedangkan pasangan Supian Suri dan Chandra Rahmansyah memperoleh 34, 63 persen.

“Hasil survei, Imam- Ririn masih unggul dengan elektabilitas di angka 58,88 persen, sementara pasangan Supian-Chandra memperoleh dukungan sebesar 34,63 persen dan sisanya sebanyak 6,49 persen responden memilih untuk tidak menjawab atau tidak tahu," kata Peneliti Lingkar Aktivis, Yunadi Ramlan, di Depok, Senin.

Baca juga: Ini dia 5 manfaat kartu yatim sejahtera dari pasangan Imam-Ririn

Yunadi Ramlan mengungkapkan, pihaknya menggelar survei publik dalam kurun 1-7 Oktober 2024 dengan sampel 800 responden dari seluruh kecamatan di Kota Depok, dengan Metode Multistage Proportional Random Sampling atas jumlah DPT Depok berusia 17 tahun keatas/ sudah menikah, dengan margin of error 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan quality control sebesar 20 persen terhadap sampel yang ada.

Dalam evaluasi kinerja Imam sebagai Wakil Wali Kota Depok petahana, Survei Lingkar aktivis menemukan, 48,5 persen menyatakan Sangat Baik/ Baik, 47,75 persen Cukup Baik, 2,5 persen menyatakan Kurang Baik dan 1,25 persen responden tidak tahu/tidak menjawab.

Survei Lingkar Aktivis juga mencatat 3 hal paling menonjol di antara kedua calon, diantaranya Imam disukai karena dinilai sudah berpengalaman, baik dan religius, sedangkan Supian dinilai berpengalaman, baik dan berwibawa.

Baca juga: Paslon Imam-Ririn peduli pendidikan dan siap sejahtera semua guru di Depok

Temuan lain, juga disampaikan Yunadi berkenaan keterpilihan Pilkada Depok berdasarkan preferensi pilihan Presiden pada Pilpres lalu.

Survei juga menemukan tren menarik, bahwa pemilih Anies-Muhaimin di Depok diperkirakan akan lebih banyak mendukung Imam-Ririn sebesar 84.4 persen disisi lain, basis pemilih Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud punya kecenderungan memilih Supian-Chandra, yakni sebesar 57,2 persen pemilih Prabowo Gibran diperkirakan akan lebih mendukung Supian-Chandra dan 34,7 persen mendukung Imam-Ririn, sisanya tidak tahu/tidak menjawab.

Sedangkan jika dibandingkan dengan Pilkada Depok 2020, Yunadi menyebutkan pemilih Pradi-Afifah saat Pilkada Depok 2020 diperkirakan akan lebih banyak memilih Supian Chandra sebanyak 67.8 persen sedangkan pemilih Idris Imam saat Pilkada 2020 diperkirakan akan lebih banyak memilih Imam-Ririn sebanyak 77,5 persen

Berdasarkan survei Lingkar aktivis juga didapati, alasan apa yang diharapkan warga Depok pada sosok Wali Kota yang menywbutkan sebanyak 26,13 persen warga Depok menginginkan pemimpin jujur dan bersih, 22,5 persen menginginkan pemimpin yang berkinerja baik dan berprestasi, 12,8 peesen menginginkan pemimpin yang sudah berpengalaman, 7,13 persen menginginkan pemimpin yang dekat dengan masyarakat, sisanya menjawab lain-lain seperti berwibawa, cerdas, religius dan sebagainya.

Baca juga: Pasangan Imam-Ririn gagas kartu yatim sejahtera

Hingga saat survei ini dilakukan, ditemukan bahwa 80 persen Warga Depok telah mengetahui dengan tepat tanggal dan bulan, Pilkada Depok akan dilangsungkan.

“Artinya masyarakat sudah tersosialisasi dengan cukup baik terkait perhelatan pilkada Kota Depok, kita berharap partisipasi pemilih Depok meningkat pada helatan Pilkada mendatang” demikian Yunadi.

Pilkada Depok diikuti oleh dua pasangan calon yaitu Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq diusung oleh PKS dan Golkar dengan nomor urut 1.

Sedangkan Supian Suri Chandra Rahmansyah diusung oleh 12 partai politik (Parpol) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan Depok Maju. Pasangan Supian Suri dan Chandra dengan nomor urut 2.

Ke-12 partai yaitu Gerindra, PDIP, Demokrat, PKB, PAN, PPP, NasDem, Perindo, Gelora, Partai Umat Partai Buruh, dan PSI.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024