Program pengembangan wisata Sungai Cikeas sebagai destinasi sport tourism yang digagas calon Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono menuai respons positif dari warga setempat hingga komunitas lokal.

Sejumlah kalangan menyambut baik inisiatif yang dinilai dapat menghidupkan potensi wisata, ekonomi lokal, sekaligus pelestarian lingkungan dan peningkatan kualitas air di wilayah Kota Bekasi.

"Tentu sangat antusias karena bisa meningkatkan perekonomian pelaku UMKM dan pedagang sekitar," kata Ketua RT setempat Manta Nurrahman(52) di Bekasi, Minggu.

Ia merasa optimistis atas keberadaan sport tourism di aliran Sungai Cikeas karena program tersebut bukan hanya menyangkut pemberdayaan ekonomi melainkan juga upaya pelestarian lingkungan.

"Kita dukung program ini karena kalau sungai bersih, kualitas air bagus, kesehatan warga juga lebih terjaga. win-win solution, semua kena dampak positif," katanya.

Komunitas pegiat lingkungan dan budaya juga menyatakan dukungan atas program ini. Pendiri Kampung Pancasila (Kampala) Deni Akil mengaku antusias terhadap rencana pengembangan Sungai Cikeas.

"Saya yakin itu bisa direalisasikan, terlebih kita tahu sosok Mas Tri ini memang dari dulu peduli lingkungan, sering ikut kegiatan bersih-bersih sungai juga," katanya.

Deni juga menekankan arti penting menjaga kualitas air Sungai Cikeas demi kelangsungan hidup masyarakat sekaligus masa depan lingkungan Kota Bekasi.

"Intinya kami senang Pak Tri fokus pada pengembangan wisata yang sejalan dengan pelestarian lingkungan dan pemeliharaan kualitas air di sungai ini. Dengan adanya sport tourism, perhatian masyarakat terhadap kualitas air bisa meningkat. Bukan hanya soal pariwisata tapi tentang menjaga kelestarian alam dan kesehatan warga," katanya.

Menanggapi antusiasme warga, Tri Adhianto yang berpasangan dengan Harris Bobihoe pada Pilkada Kota Bekasi 2024 menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan masyarakat.

"Dukungan warga dan komunitas sangat penting dalam mewujudkan program-program seperti sport tourism yang tidak hanya memberikan dampak positif bagi ekonomi, tetapi juga menjaga lingkungan dan kesehatan. Kualitas air Sungai Cikeas menjadi prioritas utama dalam pengembangan ini, karena sungai yang bersih adalah cerminan kota yang sehat," ucapnya.

Dirinya berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi sektor pariwisata sungai di Kota Bekasi dengan metode pendekatan berkelanjutan.

"Kami tidak hanya ingin mengembangkan wisata tapi juga memastikan kebersihan dan kualitas air Sungai Cikeas terus terjaga. Ini adalah komitmen kami untuk mewujudkan Bekasi sebagai destinasi sport tourism yang ramah lingkungan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024