Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat, melakukan sosialisasi mitigasi bencana ke sekolah-sekolah di wilayahnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Hidayatulloh di Kota Bogor, Jumat, mengatakan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Nomor: 100.3.4/4174-BPBD tentang Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi yang dikeluarkan pemerintah kota (pemkot) pada 26 Agustus 2024.

“Dari Januari sampai saat ini sudah dilakukan 45 kali kunjungan ke sekolah, lembaga baik swasta dan pemerintah,” kata Hidayatulloh.

Baca juga: BPBD Kota Bogor siapkan bantuan huntara untuk warga korban kebakaran
Baca juga: Pemkot Bogor gunakan mesin penyedot tangani banjir di underpass Sholis pada Sabtu malam

Ia mengatakan sosialisasi mitigasi bencana dilakukan bagi para siswa dan guru. Dalam sosialisasi tersebut diberikan sejumlah materi mitigasi bencana.

“Mulai dari manajemen bencana, materi penanganan luka, serta pembagian tugas dan peranan guru saat terjadi bencana,” ucapnya.

Tercatat,Hidayatulloh menyebut sosialisasi mitigasi bencana pada Sekolah Pendidikan Aman Bencana telah dilaksanakan untuk 7.609  peserta.

Hidayatulloh mengatakan sekolah yang ingin diberi sosialisasi mitigasi bencana bisa bersurat ke BPBD Kota Bogor. Untuk kemudian dibuat jadwal selanjutnya.

Baca juga: Pemkot Bogor tangani 10 kejadian bencana akibat hujan deras dan angin kencang

“Giat mitigasi kebencanaan dasar permintaan dari sekolah, juga memudahkan kita menjadwal agar tidak bentrok bersamaan harinya,” ucapnya.

Selain ke sekolah, Hidayatulloh menyebut sosialisasi mitigasi bencana juga dilakukan ke lembaga/masyarakat dengan 717 peserta. Lalu ke Kelurahan Tangguh Bencana di Ciwaringin, Cilendek Barat, dan Panaragan, dengan total 198 peserta.

“Jika ditotal, jumlah peserta yang telah dilakukan sosialisasi mitigasi bencana sebanyak 8.524 orang,” ujarnya. 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024