Universitas Pancasila memberikan pelatihan kewirausahaan dan penerapan digital economy untuk Yayasan Kampus Diakoneia Modern (YKDM).

Yayasan Kampus Diakoneia Modern (YKDM) adalah sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada upaya perlindungan anak di wilayah Jabodetabek, khususnya kelompok anak pra sejahtera yang mencakup anak jalanan, pemulung, korban kekerasan, serta yatim piatu.

Sekretaris YKDM Sotar dalam keterangannya, Kamis mengatakan anak-anak binaan yang tinggal di YKDM merupakan anak-anak usia kreatif dan produktif.

Selain pengetahuan, mereka diberikan pelatihan keterampilan untuk dapat siap kerja agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya nanti, sesuai dengan Visi YKDM untuk “Membangkitkan potensi terbaik anak dengan mewujudkan lingkungan layak anak”.

YKDM berdiri sejak tahun 1972 dan menyediakan layanan yang holistik di pusat kegiatan, mulai dari pemenuhan kebutuhan dasar, pendidikan, hak sipil, perlindungan hingga anak menjadi dewasa muda yang terampil dan mandiri.

Baca juga: Kantor Berita ANTARA gelar pelatihan jurnalistik bagi LPM UP dan UI di AHC

YKDM juga menjangkau lebih dari 400 anak di komunitas prasejahtera melalui berbagai kegiatan kolaborasi dengan komunitas lokal.

Salah satu pemasukan YKDM untuk membiayai anggotanya adalah dengan menjual hasil kreasi anak-anak binaan.

Sebagai contoh produknya adalah membuat karya seni dari bahan-bahan limbah daur ulang dari sampah dan lainnya.

Ketua pengabdian Universitas Pancasila Agri mengatakan di Era 4.0 usaha mandiri menjadi hal utama, dikarenakan sulitnya pekerjaan saat ini.

Usaha dapat berkembang jika kreatifitas yang mendukung serta dapat melihat peluang yang baik melalui strategi marketing atau penjualan yang tepat dapat terlaksana jika didukung oleh teknologi terkini.

Baca juga: UI gelar pelatihan dan pemeriksaan kesehatan mata gratis di IKN

Berdasarkan hal tersebut, Tim Pengabdian pada Masyarakat Universitas Pancasila yang terdiri dari Dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) dan Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila (FEBUP) melakukan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat bekerjasama dengan mitra YKDM yang berada di daerah Bekasi, Jawa Barat.

Sub aktivitas  kegiatan PkM dengan judul “Pelatihan Kewirausahaan dan Penerapan Aplikasi Pemasaran Digital” dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2024 yang didanai oleh Kemendikbudristek Anggaran Tahun 2024

Menurut Agri, kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu bentuk sumbangsih dan keperdulian kepada masyarakat yang mendukung SDGs Chapter #8, melalui program pelatihan dasar untuk meningkatkan pengetahuan kewirausahaan dan digital ekonomi agar dapat berdaya saing.

Adapun kegiatan ini terdiri dari pelatihan pengembangan dasar-dasar manajemen dan kewirausahaan serta pelatihan pemasaran produk secara digital.

Baca juga: FIA UI beri pelatihan evaluasi kebijakan pada jajaran Pemkot Bogor

Tahap pelatihan dan pembekalan pengembangan manajemen kewirausahaan dilakukan selama 3 jam. Tahap pelatihan pemasaran produk secara digital dilakukan selama 3 jam serta tahap sosialisai kegiatan kemitraan yang dilakukan selama 1 jam di mitra.

Anak-anak yang mengikuti pelatihan diharapkan dapat mengembangkan bisnis usaha dan memperluas jaringannya melalui platform digital.

Tim dari Universitas Pancasila yaitu

1.    Dr. Agri Suwandi, ST., MT. (Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Univ. Pancasila) – KETUA

2.    Dr. Dede Lia Zariatin, ST., MT. (Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Univ. Pancasila)

3.    Susilawati, SE., M.Ak. (Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univ. Pancasila)

4.    Dhidik Mahandika, ST., MT. (Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Univ. Pancasila)

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024